oleh

Kasus Covid-19 di Tubaba Melonjak, Satgas Temukan Klaster Resepsi Nikah

RADARLAMPUNG.CO.ID-Belum sepekan dinyatakan nihil pasien, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) kembali mencatat jumlah pasien terkonfirmasi covid-19. Berdasarkan laporan, saat ini tercatat ada 22 pasien terkonfirmasi positif covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri.

“Terkonfirmasi ada tambahan 22 kasus positif baru Covid-19 di Tubaba. Hal ini berdasarkan hasil Pemeriksaan Swab pada Labkesda Provinsi Lampung tanggal 4 Januari 2020 yang dilaporkan kepada kami hari ini,”ungkap Eri Budi Santoso, S.Sos, MH, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tubaba melalui pesan WhatsApp, Selasa (5/1).

Menurutnya, laporan yang mereka terima dari Dinas Kesehatan Tubaba tersebut menyebutkan ada kluster baru dalam penemuan kasus Covid-19 kali ini, yakni kluster resepsi/pesta pernikahan.

“Dari 22 pasien yag dinyatakan positif, 18 diantaranya adalah berdasarkan hasil tracing pada acara pesta pernikahan dan mereka berada di tiyuh yang sama. Gejala yang muncul adalah hilang penciuman,”terangnya.

Menyikapi lonjakan drastis kasus Covid-19 tersebut, lanjutnya, Satgas Covid-19 Kabupaten Tubaba langsung menggelar rapat untuk menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan.”Saat ini rapat satgas sedang berjalan, dan salah satunya membahas mengenai perubahan zona Covid-19 untuk kabupaten kita ini. Selain itu, langkah apa yang akan segera dilakukan juga akan diputuskan dalam rapat tersebut,”ujarnya.

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Tubaba, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah setempat tersebar di 3 (tiga) kecamatan. Yakni 18 kasus di Kecamatan Tulang Bawang Udik, 3 kasus di Kecamatan Gunung Terang, dan 1 kasus di Tumijajar.

Di Tulang Bawang Udik, 18 pasien terkonfirmasi positif merupakan warga  Tiyuh Karta Raharja. Tiga pasien dari Gunung Terang merupakan warga Tiyuh Gunung Agung. Sedangkan 1 kasus di Tumijajar adalah warga Tiyuh Margo Dadi.

Dengan adanya penambahan kasus baru tersebut, tercatat hingga saat ini jumlah total terkonfirmasi positif ada sebanyak 83 orang. Telah dinyatakan sembuh/selesai isolasi sebanyak 57 orang, sedang isolasi 22 orang, dan meninggal dunia 4 Orang.(fei/rnn/wdi)


Komentar

Rekomendasi