oleh

Waspada! Tiga Wilayah Tertinggi Kasus DBD

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus mencatat sebanyak 167 kasus demam berdarah dengue (DBD) selama tahun 2020. Dari jumlah itu, satu orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Taufik Hidayat melalui Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Basri mengatakan, kasus DBD tertinggi ada di wilayah Puskesmas Kotaagung, Gisting dan Talangpadang. Sementara untuk kasus meninggal dunia ada di Kecamatan Airnaningan.

Terkait penyebaran DBD, Basri mengingatkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Menggerakkan kesadaran masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk Aedes Aygepti. Ini yang perlu ditingkatkan lagi. Lalu sosialisasi melalui kader juru pemantau jentik (Jumantik) di setiap pekon dan puskesmas,” tegas Basri.

Basri menambahkan, musim hujan diprediksi berlangsung hingga tiga bulan ke depa. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi peningkatan kasus, diperlukan langkah dan upaya dukungan dari masyarakat.

“Untuk bubuk abatae diberikan jika ada temuan jentik nyamuk. Melalui evaluasi yang dilakukan oleh kader jumantik, baru bubuk abate akan diberikan. Sementara fogging dilakukan jika sudah ditemukan kasus dan itu untuk membunuh nyamuk dewasanya, sehingga kurang efektif bagi jentik nyamuk,” terangnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus menerapkan tiga M. Yakni menguras tempat atau bak penampungan air yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Kemudian menutup tempat yang mungkin menjadi tempat bersarangnya nyamuk, serta mengubur peralatan yang mudah digenangi air seperti kaleng, dan lain sebagainya. (ehl/rnn/ais)

 


Komentar

Rekomendasi