oleh

Turunkan Alat Berat, BPBD Normalisasi Way Bulok

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus mulai melakukan normalisasi sungai Way Bulok, Kecamatan Bulok.

Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha mengatakan, alat berat sudah turun ke lokasi sejak Kamis sore (7/1). Normalisasi dilakukan di sepanjang sungai, khususnya titik rawan terjadinya luapan banjir.

“Alat berat sudah diturunkan untuk melakukan pengerukan di titik yang mengalami pendangkalan. Sesuai dengan instruksi dari bupati,” kata Ediyan M. Thoha, Jumat (7/1).

Sementara untuk Kecamatan Cukuhbalak, tim BPBD masih berada di lokasi. Melihat secara pasti penyebab banjir yang menggenangi empat pekon yakni Pekon Tanjungjati, Tanjungraja, Sukaraja dan Gedung.

“Mungkin yang akan kita lakukan normalisasi di Pekon Gedung. Karena titik tersebut tempat pertemuan dua aliran sungai. Seperti apa mekanismenya. Pada prinsipnya, jika memang perlu normalisasi, akan segera dilakukan,” tegasnya.

Diketahui, intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan sungai Way Bulok meluap. Dampaknya, pemukiman di Pekon Banjarmasin dan Sukamara, Kecamatan Bulok terendam.

Banjir juga menggenangi empat pekon di Kecamatan Cukuhbalak, sekitar pukul 19.30 WIB, Selasa (6/1).

Bupati dan pejabat terkait meninjau lokasi terdampak banjir. Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan sejumlah langkah yang akan diambil oleh Pemkab Tanggamus untuk menangani banjir. (ehl/rnn/ais)

 


Komentar

Rekomendasi