oleh

Gubernur Batal Ikut Vaksinasi Tahap I, Begini Tanggapan Pejabat yang Ikut

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tidak masuk dalam 20 nama yang akan ikut vaksinasi Covid-19 –yang terdaftar dalam surat Gubernur Nomor 443.32/055/V.02/2021 tentang Pelaksanaan Imunisasi Covid-19 tahun 2021. Di mana, dalam surat yang ditandatangani 8 Januari 2021 itu, ada 20 pejabat di Lampung yang bakal ikut vaksinasi pada 14 Januari mendatang.

Arinal yang sebelumnya menyatakan siap divaksin harus mengurungkan diri. Mengingat salah satu syarat vaksinasi tahap I ini salah satunya batasan usia.

Demikian diungkapkan langsung Arinal melalui pesan WhatsApp-nya Minggu (10/1) malam. “Bukan belum ikut, karena ada ketentuan dari pemerintah pusat yang diutamakan pimpinan daerah tapi usia di bawah 60 tahun. Tapi saya sudah 64 tahun lebih, saya mau tapi diutamakan usia di bawah 60 tahun,” ujar Arinal.

Hal itu juga dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Reihana. Dia mengatakan, ada batasan usia dalam syarat vaksinasi tahap I ini. “Iya, tahap 1 untuk usia 18 sampai dengan 59 tahun,” ungkap Reihana.

Adapun pejabat yang bakal ikut divaksin di antaranya Ketua Komisi IV DPRD Lampung Ismed Roni. Melalui sambungan telfon, Ismed mengatakan tidak ada persiapan khusus.

“Sebenarnya usia sih menjelang 60 tahun, sekarang 59 tahun. Tapi saya siap (divaksin), nggak ada persiapan. Kalau bisa vaksin saya ikut. Yang penting masyarakat jangan kawatir sebab salah satu bentuk pencegahan dan untuk meningkatkan imunitas kita,” ujar Ismed.

Senada disampaikan Ketua Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan. Yanuar mengaku siap ikut dalam vaksinasi tahap pertama. “Iya, InsyaAllah saya siap (divaksin), ini juga untuk meyakinkan masyarakat. Agar percaya dan nantinya ikut menjalani vaksinasi. Kalau persiapan saya tidak ada, hanya menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan,” jelas Yanuar.

Kesiapan ikut vaksinasi juga disampaikan Wakil Direktur Pelayanan dan Penunjang Medik Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Mars Dwi Tjahjo. Menurutnya, tidak ada persiapan khusus sebelum menjalani vaksinasi. “Karena sesuai instruksi, kami insyaAllah siap mengikuti vaksinasi. Dan tidak ada persiapan khusus, kami mohon doa kelancarannya saja,” jelasnya.

Sebelumnya diketahui, ada 20 nama pejabat di Lampung yang akan ikut vaksinasi tahap I. Di antaranya Wakil Gubernur Chusnunia, Sektretaris Provinsi Fahrizal Darminto, Kapolda Irjen Purwadi Arianto, Kepala Kejaksaan Tinggi Pohan Lasphy, Ketua DPRD Mingrum Gumay, Komandan Korem 043/Garuda Hitam Brigjen TNI Toto Jumariono, dan Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud Pangeran M. Bun Yamin ) Letkol Nav Yohanas Ridwan.

Selanjutnya Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Bupati Tulangbawang Winarti, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana, Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Abdul Moeloek Mars Dwi Tjahjo, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung KH Khairuddin Tahmid. Kemudian Ketua Komisi IV DPRD Lampung Ismed Roni, Ketua Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Khatolik Romo Roy, Ketua FKUB Kristen, Ketua FKUB Budha, Ketua FKUB Hindu, dan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Piabung). (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi