oleh

Waspadai Cuaca Ekstrem 3 Hari Kedepan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi hampir di seluruh wilayah Lampung. Masyarakat diminta selalu waspada terhadap kemungkinan yang akan terjadi.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, jika sirkulasi MJO yang sedang aktif di kuadran tiga menjadi alasan adanya potensi cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Lampung.

“Konvergensi dan belokan angin yang melewati wilayah Lampung di antara faktor kuat yang menyebabkan pertumbuhan awan-awan konvektif di wilayah Lampung,” katanya, Minggu (10/1).

Hal itu mengikabatkan terjadinya hujan lebat disertai kilatan petir dan juga angin kencang di sejumlah wilayah, 10 hingga 12 Januari mendatang.

“Waspada potensi hujan lebat disertai dengan petir dan angin kencang di wilayah Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Waykanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Barat, Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu, Lampung Selatan, Bandarlampung, Metro, Lampung Timur pada siang dan sore hari. Malam hari di sebagian besar wilayah Lampung,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada masayarakat untuk selalu waspada terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan.

“Imbauan kami kepada masyarakat supaya berhati-hati dan waspada terhadap bencana yang mungkin bisa timbul di musim penghujan. Seperti, banjir, banjir bandang, genangan, dan tanah longsor,” tandasnya. (mel/sur)


Komentar

Rekomendasi