oleh

Terkait Penerapan Kurikulum Lebih Terapan, SMK di Lampung Pastikan Siap

RADARLAMPUNG.CO.ID-Penerapan kurikulum yang lebih terapan bakal diterapkan di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto.

Hal ini turut disikapi Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Provinsi Lampung, Edi Harjito. Menurutnya, ketetapan Dirjen Diksi seluruhnya siap diterapkan di Lampung.

“Sebenarnya Kurikulum terapan sudah mulai diterapkan SMK CoE (Center of Excellence). Sebelumnya sebenarnya sudah ada, tapi mungkin nantinya akan dibuat lebih terapan. Seperti bahasa Indonesia terapan, matematika terapan,” jelas Edi ditemui di kantor nya Senin (11/1).

Artinya, jika kurikulum dibuat lebih terapan maka, nantinya pelajaran di SMK tidak seperti di SMA yang murni. Misalnya matematika, mungkin di SMK tidak sama dengan SMA yang lebih murni.

“Jadi sebelum nya sudah terapan seperti matematika keuangan itu sudah terapan, tapi mungkin lebih ya. Saya juga belum baca detail, tapi kami menyambut baik. Karena nanti nya diharap kan ilmu yang diajarkan disekolah, terutama SMK lebih tematik dan lebih menjurus. Misalnya matematika di bisnis, pasti beda dengan matematika di teknik rekayasa. Begitu juga bahasa Indonesia, ya mungkin terapan diterapkan dan disiapkan agar bisa berkomunikasi dengan baik dengan industri,” tambahnya.

Untuk kepastiannya jelasnya, Edi juga meminta menunggu turunnya juknis dan jukplak lebih dahulu. “Tapi saat ini masih menunggu juknis, juplak lengkap nya seperti apa,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi