oleh

Arinal Buka Kickoff Vaksinasi Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka kickoff vaksinasi Covid-19 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), Kamis (14/1).

Tampak hadir, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto, Bupati Tanggamus Dwi Handajani, Bupati Tulangbawang Winarti, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya, dan Forkopimda Provinsi lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Reihana menuturkan, vaksinasi ini dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, khusunya di Lampung.

“Tujuannya menurunkan angka kematian akibat Covid-19, meningkatkan kekebelan tubuh, melindungi sistem kesehatan, serta menjaga produktifitas dan ekonomi,” ungkapnya, Kamis (14/1).

Sebelum kickoff ini, pihaknya melakukan pelatihan pada 11-13 Januari untuk para vaksinator tenaga kesehatan –dari Bandarlampung, Lampung Selatan, dan Lampung Tengah. “Total jumlah vaksinator kita ada 2.300 dibagi ke 23 angkatan,” ucapnya.

Dan, setelah dimulai oleh Presiden RI Joko Widodo, beserta Kementerian dan Lembaga kemarin (13/1), hari ini dibuka di Lampung. “Vaksin juga sudah didistribusikan ke daerah penyanggah Bandarlampung, Metro, dan Lampung Selatan. Nanti dilakukan di seluruh kabupaten/kota secara bertahap. Mohon koordinasinya,” ungkapnya.

Sementara Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menuturkan, kasus pertama Covid-19 di Indonesia terdeteksi pada awal Maret 2020 lalu. Di Lampung sendiri saat ini telah mencapai 7.661 kasus terkonfirmasi. “Jadi tujuan vaksin ini tidak lain untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, melindungi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh,” ucapnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi