oleh

Karya Tangan Dingin Guru Ngaji, Hasilkan Replika Kapal Pesiar

Berprofesi sebagai guru ngaji. Tak menyurutkan semangat Muhammad Fadli (45) untuk berkarya. Karyanya pun sangat unik dan menarik: membuat kapal pesiar. Tentunya menghasilkan uang.

Laporan: M. Tegar Mujahid/radarlampung.co.id

Untuk menuju ke rumahnya pun tak begitu sulit. Di Jalan Teluk Bone, Gang Masjid,Kota Karang, Telukbetung Timur, Bandarlampung. Biasanya Abah –sapaan akrabnya- mengerjakan beberapa karyanya itu di belakang rumahnya: pelataran berukuran 4×4 meter bercat putih. Tersusun disana ada: replika lampu hias, masjid dan tentunya kapal pesiar.

Tak luput disana tersusun perkakas yang biasanya dia gunakan untuk berkarya. Seperti: paralon, mika, gunting pun gerinda –tentunya untuk memotong bahan yang keras. “Karya-karya ini saya buat bahan bakunya dari paralon,” katanya, Rabu (13/1).

Dirinya pun telah lima tahun ini menekuni hobinya. Dan tak disangka lewat tangan dingin guru ngaji itu menghasilkan ratusan replika, yang cukup nikmat dipandang mata. “Saya ini juga guru ngaji di TPA Al-Istimroor Kota Karang,” kata dia.

“Saat ini saya lagi mengerjakan pembuatan kapal pesiar. Sudah hampir rampung. Sekitar 100 persen lagi. Pengerjaannya hampir dua bulan. Bahan-bahannya dari: pipa paralon juga kaca mika, lengkap dengan remote penggerak. Harganya dibanderol Rp7 juta,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa tak sengaja membuat miniatur kapal pesiar ini. Waktu itu kata dia, temannya menantang untuk meminta dirinya membuat mainan kapal laut. Tentunya yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Merasa tertantang, Fadli pun mengiyakan. “Alhamdulillah proses pembuatannya tak menemui kendala,” ucapnya.

“Untuk dimensi kapal pesiar ini panjangnya 2 meter. Tinggi 1,5 meter dan juga lebar 70 cm. kapalnya juga sudah pernah di ujicoba. Sudah di tes di laut. Bisa jalan normal, dengan jarak tempuh 100 hingga 200 meter,” lanjutnya.

Yang bikin menarik dalam pembuatan kapal pesiar ini, terlihat seperti dengan aslinya. Seperti ornamen kursi penumpang. Enam lantai dan dilengkapi jendela dan pintu pun kolam renang. “Saya juga bisa mengerjakan kapal pesiar dengan ukuran kecil. Prosesnya paling lama 2-3 hari. Harganya Rp700 ribu sampai Rp1 juta. Pekerjaan ini cuma hobi saja. Utamanya (pekerjaan) ya tetap guru ngaji,” pungkasnya. (ang)

Komentar

Rekomendasi