oleh

Permata Bunda 3 Laksanakan MPLS Semester Genap

Radarlampung.co.id – SDIT Permata Bunda III (PEBE 3) Bandarlampung, mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Kegiatan dilaksanakan selama satu pekan dimulai pada Rabu-Selasa (6-12/1).

Devi Susilawati sebagai koordinator MPLS kelas bawah menjelaskan, MPLS merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebelum memasuki semester baru tiap tahunnya. Namun, karena dunia pendidikan menjadi bagian yang terdampak Covid-19, sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masih dilaksanakan secara daring.

Oleh sebab itu, rangkaian kegiatan MPLS semester genap juga dilaksanakan secara daring melalui Aplikasi WhatsApp dan Zoom.

“Meski daring, MPLS ini tetap dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan dan mengingatkan kembali mengenai suasana dan lingkungan sekolah serta menguatkan penanaman karakter siswa sebelum memulai pembelajaran di semester yang baru,” ungkap Devi.

Menurutnya, semangat belajar siswa harus terjaga, kebiasaan-kebiasaan baik harus membudaya. Sebagai seorang pendidik, harus memberikan kesan dan pengalaman terbaik kepada peserta didik dalam setiap pertemuannya.

“Saat mulai MPLS, Para siswa begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatannya untuk kelas bawah, dimulai pukul 08.00 WIB dan kelas atas dimulai pukul 09.00 WIB,” ujarnya.

Kepala Sekolah PEBE 3, Ustadzah Lis Kurniawati mengatakan, dalam kegiatan itu, para murid harus terbiasa meneladani kebaikan-kebaikan yang Rasulullah ajarkan, agar terbentuk karakter unggulan sehingga dicintai Allah dan RasulNya. Selain itu, kerinduan para siswa sedikit terobati dengan disuguhkannya video kondisi sekolah saat ini.

“Pastinya, terbesit dalam diri para siswa yang teringat masa-masa menyenangkan belajar dan bermain bersama teman-teman di sekolah,” ucapnya.

Sementara, Dian Sulistia, selaku koordinator MPLS kelas atas menambahkan, MPLS Genap kali ini, mengusung tema ‘Aku Siap Bertanggungjawab’. Penyampaiannya, dikemas dengan menarik oleh para guru kelas kepada para siswa.

Materi dan pembiasaan yang disampaikan kepada para siswa, diantaranya anak-anak harus bertanggungjawab dengan kedispilinan, rajin beribadah, dan rajin membantu orangtua di rumah.

Kegiatan MPLS ditutup dengan pelaksanaan celebration atau perayaan. Yang menarik dari perayaan ini adalah para guru dan siswa mengenakan atribut yang unik untuk memeriahkan kegiatan ini.

Kemudian, yang paling spesial dalam rangkaian kegiatan ini adalah seluruh siswa mendapatkan apresiasi oleh para guru dengan 3 kategori yaitu Bintang Aku Anak Disiplin, Bintang Aku Rajin Ibadah, dan Bintang Aku Rajin Membantu Orangtua. Anak-anak dan para Ayah Bunda nampak bangga dan bahagia atas pencapaian ini semua.

“Kegiatan ini berjalan lancar dengan izin Allah, berkat upaya dan kerjasama yang luar biasa baik dari Guru dan keluarga besar SDIT Permata Bunda III, Siswa dan Ayah Bunda di rumah. Semoga kegiatan MPLS genap kali ini berkesan bagi siswa dan menjadi motivasi agar semangat belajar siswa meningkat. Serta nilai-nilai karakter yang sudah dilatih ketika MPLS dapat terus dilaksanakan dengan sepenuh hati baik oleh Siswa, Guru, dan Karyawan SDIT Permata Bunda III,” Tutup Dian. (gie/rls/yud)


Komentar

Rekomendasi