oleh

Sukseskan Citarum Harum, Bank BJB Sebarkan Benih

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Terhitung dua tahun setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Februari 2018 lalu, program Citarum Harum yang bertujuan untuk merevitalisasi kondisi sungai terpanjang di Jawa Barat ini terus menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Hal itu terlihat dari dampak yang sudah mulai dirasakan oleh masyarakat, dari mulai genangan banjir yang semakin jarang terjadi, penyusutan volume sampah, hingga tingkat pencemaran yang menurun bertahap.

Dalam rangka menyambut perkembangan positif program Citarum Harum yang sangat diharapkan oleh semua pihak tersebut, Bank BJB turut serta memberikan sumbangsihnya untuk mensukseskan program.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank bjb Widi Hartoto mengatakan, salah satu bentuk sumbangsih itu diberikan dalam bentuk dukungan pengadaan benih ikan untuk ditanamkan di Sektor 6 Citarum Harum.

Dikatakannya, penanaman benih ikan dilakukan untuk membuktikan penurunan tingkat pencemaran sungai yang saat ini tengah berprogres menuju jernih. Menurutnya, kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Sektor 6 dinilai telah layak menjadi habitat hidup ikan air tawar.

“Penyebaran benih dilakukan sebanyak 2,5 ton yang terdiri dari benih ikan patin, lele, dan nila,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, dilakukan juga penanaman sebanyak enam bibit pohon mangga dan alpukat untuk memperkokoh program Citarum Harum pada aspek penanganan lahan kritis. Bank bjb juga turut berperan serta menyumbangkan bibit pohon berbatang keras untuk ditanam di lahan kritis seluas 5 hektar guna menunjang program alihfungsi dan alihkomoditi tanaman untuk memperkuat ekosistem tanah yang menjadi bagian dari program Citarum Harum.

“Bank BJB berharap dukungan yang disalurkan dapat memberikan dampak bagi perubahan melalui program Citarum Harum,” katanya.

Diungkapkannya, Sungai Citarum merupakan sungai terbesar di Jawa Barat yang keberadaanya sangat dibutuhkan oleh jutaan masyarakat. Karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat semua untuk ikut serta merawat Sungai Citarum dengan ikhtiar konsisten dan menyeluruh.

“Dengan perkembangan yang menggembirakan, bank bjb optimis dan sangat berharap program revitalisasi DAS Citarum ini dapat selesai sesuai target yang ditetapkan Presiden,” pungkasnya. (rur/rls/yud)


Komentar

Rekomendasi