oleh

Kontribusi PAK Rp. 266 Juta, Bumkam Sumber Bahari Kembali Buka Unit Usaha Baru

RADARLAMPUNG.CO.ID-Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam) Sumber Bahari yang terletak di Kampung Bratasena Adiwarna, Kecamatan Denteteladas, menjadi satu dari 22 Bumkam yang di revitalisasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Menariknya, usai di revitalisasi Bumkam Sumber Bahari langsung berkontribusi atas pendapatan asli kampung (PAK) sebesar Rp. 266.334.000.

Revitalisasi dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2020 lalu. Program revitalisasi ini sesuai dengan regulasi Permendes 4 tahun 2015 tentang pendirian dan pembentukan Bumkam.

Hingga saat ini, Bumkam Sumber Bahari memiliki enam unit kegiatan usaha yang dijalankan seperti: jasa keuangan ATM mini, penjualan bahan bakar dan pangan udang/benur untuk petambak, sampai yang terbaru depot air isi ulang.

Unit usaha depot air isi ulang baru diresmikan pada hari Jumat (15/01) oleh Sekretaris Camat Denteteladas, Rumiyati. Dihari yang sama, juga dilakukan peningkatan kapasitas pengelola unit usaha penangan pasca panen oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) setempat serta tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).

Pj. Kepala Kampung (Kakam) Bratasena Adiwarna Handriansyah mengatakan, unit usaha depot air isi ulang bertempat di dusun 7 yang dianggap potensial. Dia menilai, peluang usaha tersebut sangat baik di wilayahnya.

“Masyarakat masih memerlukan lebih banyak pilihan sumber air bersih, sudah ada tapi belum cukup. Hal tersebut yang mendorong Bumkam membuka usaha ini,” katanya kepada radarlampung.co.id, Minggu (17/01).

Disisi lain, dia mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tulangbawang Winarti, dengan 25 program Bergerak Melayani Warga (BMW) mampu menumbuhkan dan memberi motivasi usaha masyarakat dimasa pandemi Covid-19.

Ucapan yang sama juga diberikan kepada DPMK dan P3MD karena secara kontinyu memberikan pendampingan dan pembinaan. Akibatnya, Bumkam Sumber Bahari dapat berkembang menjadi lebih baik.

Sementara itu, Kepala Dinas PMK Tulangbawang Yen Dahren sangat mengapresiasi kinerja Bumkam Sumber Bahari.

Dia meminta Handriansyah untuk segera melengkapi administrasi pendirian unit usaha depot air isi ulang.

Dilanjutkannya, kedepan program Bumkam akan di sinergikan dengan 25 program BMW seperti Usaha Ekonomi Produktif (UEP) agar semakin berkembang.

“Selain itu juga akan di sinergikan dengan gagasan ibu Bupati yakni menuju kawasan perdesaan sebagai prioritas Nasional. Khususnya dari tambak udang Kecamatan Denteteladas,” terang Yen Dahren melalui Kabid usaha ekonomi masyarakat dan teknologi tepat guna Rizalman. (nal/wdi)

 


Komentar

Rekomendasi