oleh

Inovatif ! Disdukcapil Tubaba Bakal Launching E-Book Pemakaman

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan segera meluncurkan program inovasi E-Book Pemakaman. atau Aplikasi Buku Register Pemakaman. Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Tubaba, Drs. Ahmad Hariyanto, MM, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (18/1).“Saat ini aplikasi program tersebut sedang dalam proses pembuatan. Kita berharap secepatnya selesai, dan sebelum pertengahan tahun 2021 ini dapat segera dilaunching,”ungkapnya.

Menurutnya,  E-Book Pemakaman tersebut diperuntukkan bagi seluruh tiyuh yang ada di daerah setempat. Dengan aplikasi tersebut, lanjutnya, akan memudahkan penginputan data masyarakat dalam pengurusan administrasi dan kependudukan (adminduk) kematian.

“Selama ini, pelaporan kematian di wilayah Kabupaten Tubaba kurang maksimal dan bahkan sangat minim sekali. Padahal, laporan kematian itu penting untuk pembaruan atau update data penduduk serta penerbitan akta kematian bagi warga,”terangnya.

Untuk memaksimalkan E-Book Pemakaman, lanjut dia, nantinya akan ada petugas di setiap Tiyuh yang mengelola program tersebut, yang ditunjuk dari Pemerintah Tiyuh itu sendiri, untuk kemudian diberi pelatihan terkait cara penggunaan E-Book Pemakaman.”Dengan adanya E-Book akan semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus adminduk kematian,”tukasnya. (fei/rnn/wdi)


Komentar

Rekomendasi