oleh

Sosialisasi dan Edukasi, Yakinkan Vaksin Covid-19 Aman

RADARLAMPUNG.CO.ID – Selain operasi dan razia, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya mendapat vaksinasi.

“Per 17 Januari, tambah tiga kasus dan meninggal nihil. Saat ini Pesawaran dijepit zona merah. Tanggamus, Lampung Selatan, Bandarlampung dan Metro. Tentu saja ini menjadi perhatian khusus bagi pemkab dan Gugus Tugas dalam rangka menekan penyebaran virus Corona,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pesawaran Dendi Ramadhona, Senin (18/1).

Menurut dia, dibutuhkan eksistensi seluruh pihak yang terlibat. Baik langsung maupun tidak langsung dalam menekan penyebaran virus Corona.

Gugus Tugas tetap melakukan tindakan promotif, preventif dengan humanis. Mulai dari operasi, razia masker dan tempat keramaian

“Contoh, tempo hari ada salah satu rumah makan yang tidak menerapkan prokes. Tim langsung memberikan sanksi tertulis dan lebih tegas dalam penerapan protokol kesehatan,” tandasnya.

Selain itu, terus Dendi, langkah lain adalah mengurangi titik keramaian, kunjungan tempat wisata dan melaksanakan 50 persen WFH untuk perkantoran.

Termasuk tetap menyiapkan anggaran untuk disiplin prokes seperti pengadaan masker, disinfektan, hand sanitizer dan sabun cuci tangan

“Kemudian tidak memberikan kelonggaran kegiatan di desa yang sifatnya keramaian. Untuk hajatan, seremonial tetap dibolehkan dengan syarat disiplin menerapkan prokes,” ujarnya

Pemkab Pesawaran juga akan mendapatkan distribusi vaksin pada gelombang kedua. Usulan kebutuhan vaksin sekitar 243.000 dan rencananya akhir bulan akan dikirim sekitar 24 ribu dari provinsi.

“Terpenting, saat ini kita meyakinkan masyarakat bahwa vaksin aman. Karena timbul hoax bahwa vaksin haram, berimplikasi terhadap penyakit lain. Padahal kan, nggak,” tegasnya.

Bersama Forkopimda dan pihak lain akan menyosialisasikan serta mengedukasi masyarakat bahwa vaksin adalah solusi terbaik saat ini. Kehalalannya sudah dijamin MUI serta diuji coba keberhasilannya. (ozi/ais)


Komentar

Rekomendasi