oleh

Waspada, Angka Kematian Covid-19 Awal Tahun Ini Telah Menyentuh 111 Kasus

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Lampung semakin hari semakin meningkat. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung dari 1-18 Januari 2021 ini saja, kasus terkonfirmasi Covid-19 bertambah 1.937 kasus baru.

Untuk kasus kematian, dari 1-18 Januari 2021 bertambah 111 kasus. Sehingga total kasus Covid-19 di Lampung mencapai 8.143 kasus dengan total kasus kematian 444 kasus.

Jika diambil rata-rata kasus baru selama tahun 2021 adalah sekitar 107 kasus baru per hari. Dengan 6 kasus kematian per hari.

Ditanya mengenai penanganan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung untuk menenkan peningkatan predaran Covid-19 Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto menuturkan sosialisai tetap rutin dilaksanakan.

Di mana, sosialisasi merupakan cara untuk mengajak orang menyadari 3MPlus1T (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, dan Tidak Berkerumun). Selain itu pihaknya pun melakukan penegakan hukum

“Kemarin saya di Pasar Wayhalim, petugas-petugas langsung memaksa orang yang tidak menggunakan masker untuk memakai masker. Itu yang bisa membuat agar orang tidak tertular,” tuturnya, Senin (18/1).

Namun jika masyarakat terlanjur terkonfirmasi Covid-19, menurut Fahrizal itu tugas dari bidang kesehatan. “Tenaga kesehatan kita sudah kita perkuat, sejumlah ruangan dan perawat kita tambah. Mudah-mudahan jumlah orang terkonfirmasi tidak melebihi tenaga kesehatan kita,” harapnya.

Ia pun mengungkapkan dari laporan terakhir yang dirinya terima, fasilitas kesehatan yang dimiliki belum over kapasitas. “Artinya kebutuhan pelayanan masih bisa ditampung dan dirawat dulu,” ungkapnya. (pip/sur)


Komentar

Rekomendasi