oleh

Kisah Mahasiswa Undip KKN Pulang Kampung

//Lakukan Pemberdayaan di Masyarakat Desa Teluk Dalam Lampung Timur//

radarlampung.co.id – Menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2021 ini, dirasakan berbeda bagi Ulfa Ayu Saputri, mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro asal Lampung Timur.

Ya, dirinya yang masuk dalam KKN Undip TIM I periode 2021 ini, melaksanakan kegiatan KKN dengan mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan  Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Di mana, pelaksanaan KKN yang dimulai sejak 4 Januari lalu hingga 16 Februari mendatang ini, tidak dilakukan bertim didalam satu daerah. Melainkan di masing-masing daerah asal.

Ulfa-sapaan akrab Ulfa Ayu Saputri- ini mengatakan, adanya pandemi Covid-19, membuatnya melaksanakan KKN di rumah masing-masing atau pulang kampung. Dirinya yang memang asli Lampung Timur mengabdi langsung di Desanya.

Meskipun pelaksanaan KKN ini baru dimulai pada 4 Januari lalu, Ulfa mengaku dirinya sudah berada di Lampung Timur sejak Maret 2020 lalu. ”Iya jadi kami di bagi dalam kelompok itu dari beberapa daerah seperti Sumatera Selatan, Riau dan Lampung. Nah, kebetulan saya di Lampung. Makanya saya melaksanakan KKN ini di tempat tinggal saya di Lampung Timur,” ujarnya.

Sementara di Lampung yang melaksanakan KKN Undip TIM I periode 2021 ini, berjumlah tujuh orang. Dan seluruhnya menggelar KKN di wilayah terdekat dengan lokasi tinggal masing-masing.

“Iya, selain di Lampung Timur, ada dari Metro dan Lampung Selatan juga. Tapi saat pelaksanaan kami masing-masing mengerjakannya di wilayah tinggal kami. Karena itu dinamakan KKN Pulang Kampung,” tambahnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan kegiatan observasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN kepada Bidan Desa Teluk Dalem dan puskesmas pembantu, terdapat permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan Ibu dan Anak yakni tingginya angka ibu hamil yang mengalami KEK sekitar 12 persen dari jumlah ibu hamil yang masih rendah yakni sekitar 59 persen.

”Permasalahan lain yang muncul adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka saya mengusung Program Cek Kesehatan Gratis, Sosialisasi mengenai Ibu Hamil KEK dan pentingnya ASI Eksklusif serta Sosialisasi 3M yang dilaksanakan dengan mamatuhi protokol kesehatan bagi masyarakat sekitar,” terangnya.

Selama kegiatan, dirinya melakukan kegiatan dengan melakukan Cek Kesehatan Gratis dilaksanakan di posyandu Teratai VI yang berlokasi di Dusun VI RT 29 RW 11 Desa Teluk Dalem. Kemudian sosialisasi KEK pada Ibu hamil dan ASI Eksklusif pada Ibu menyusui dan menggelar sosialisasi 3M sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Sementara dalam pelaksanaan KKN sesuai dengan pengumuman Undip Nomor : 3488/UN7.6.1/PM/2020 Tentang Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim I Tahun Akademik 2020/2021.

Di mana, diberitahukan kepada mahasiswa Program Strata I dan Sarjana Terapan Universitas Diponegoro, bahwa dengan mempertimbangkan kondisi Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi, maka pelaksanaan KKN Tim I Tahun Akademik 2020/2021 akan dilaksanakan di wilayah masing-masing mahasiswa, sesuai dengan domisili pada saat pelaksanaan KKN. (rma/yud)


Komentar

Rekomendasi