oleh

Sentil Soal Distribusi Pupuk, Ini Kata Politisi NasDem

RADARLAMPUNG.CO.ID- Persoalan subsidi pupuk sempat disentil Presiden Joko Widodo karena manfaatnya tak terlihat. Hal ini mendapat tanggapan dari politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago.

Irma berpendapat bahwa persolan subsidi pupuk bukan hanya menjadi domain Kementerian Pertanian (Kementan) RI. “Mentan, Menkeu, dan Mendag harus duduk bersama. Persoalan ini bukan hanya menjadi domain Kementan,” katanya.

Masalah pupuk, kata Irma, Kementan hanya menetapkan RDKK (rencana definitif kebutuhan kelompok). “Masalah pupuk, Kementan hanya menetapkan RDKK. Sumber informasi diperoleh dari kabupaten dan diteruskan provinsi ke Kementan. Sementara uangnya dari Menkeu dan pupuknya dari Menteri BUMN. Dapat dikatakan uangnya dari kantong kiri ke kantong negara,” ujarnya.

Mantan anggota DPR RI ini menyatakan RDKK dari daerah permintaannya 22.000.000 ton per tahun. “Setelah diverifikasi Kementan menjadi 12.000.000 ton. Namun yang disiapkan negara kemampuannya hanya 7.000.000 ton per tahun. Tentunya hal ini masih ada selisih yang cukup besar dari kebutuhan permintaan,” ungkapnya.

Persoalan pupuk, kata Irma, sebenarnya dapat dimaksimalkan. “Soal pupuk ini sebenarnya dapat dimaksimalkan jika pemerintah daerah terbuka dan mampu memberantas mafia-mafia pupuk di daerah yang bermain. Jangan semua persoalan diserahkan ke pusat,” tegasnya. (sya/wdi)


Komentar

Rekomendasi