oleh

Situs Makam Radin Inten II Bakal dijadikan Wisata Ziarah dan Edukasi

RADARLAMPUNG.CO.ID-Makam Radin Inten II bakal dijadikan tempat wisata ziarah dan edukasi untuk masyarakat Lampung. Di mana dalam pembangunannya nanti mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial RI.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Tommy Efra Handarta mengatakan saat ini pihaknya lebih dahulu melakukan klarifikasi masalah kepemilikan, sebelum nantinya situs makam akan dibangun.

“Jadi ada upaya untuk membangun situs makam Radin Inten II, itu ada bantuan dr kemensos. Tugas kita adalah mengklarifikasi masalah kepemilikan. Bagaimana mungkin ada bantuan untuk pembangunan situa radin inten di tempat yang bukan milik pemprov. Makanya tadi kita rapatkan untuk memastikan soal kepemilikan,” terang Tommy yang ditemui di Pemprov Lampung Senin (25/1).

Tommy mengatakan, kedepannya situs ini akan menjadi wisata jiarah dan edukasi. “Jadi karena ada konsep wisatanya, berartikan ini konsep budaya jiarah dan edukasi. Bisa saja kan satu satunya pahlawan nasional dari Lampung kan radin inten II. Bisa jg dibangun pusat sejarah tentang perjuangan radin inten, bagaimana kita belajar sejarah perjuangan untuk sebagai diri kita saat kita terjajah,” tambahnya.

Menurutnya lokasi tempat pembangunan situs sudah memiliki mushola. Selanjutnya untuk sangggarnya nanti akan dikoordinasikan dengan Pemda Lampung Selatan untuk kesiapan menjadi sarana tempat wisata. (rma/wdi)


Komentar

Rekomendasi