oleh

Terima 7.920 Dosis Vaksin Covid-19, Bupati Lamteng: Semoga yang Terpapar Menurun

RADARLAMPUNG.CO.ID – Vaksin Covid-19 diterima Pemkab Lampung Tengah di kantor Dinas Kesehatan, Senin (25/1) sekitar pukul 10.00 WIB. Hadir dalam penerimaan vaksin Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto, Sekkab Nirlan, Ketua DPRD Sumarsono, Kasiintel Kejari M. Angga Mahatama, Kasdim 0411 Mayor Inf. Bagus, Kapolres AKBP Popom Ardianto Sunggoro, Asisten I Kusuma Riyadi, Asisten III Sarjito, kepala OPD, dan beberapa pihak lainnya.

Sekretaris Diskes Lampung Effendi Suhaimi menyatakan, vaksin yang diserahkan 7.920 dosis. “Kita serahkan 7.920 dosis vaksin Covid-19. Diharapkan bisa digunakan sesuai ketentuan,” katanya.

Effendi melanjutkan, dalam pemvaksinan sudah dilatih 3 orang setiap puskesmas. “Kalau tenaga medis yang akan divaksin sekitar 4.800-an. Vaksin yang dikirim untuk tahap kedua di Lamteng bergantung Kemenkes. Kita targetkan secepatnya vaksinasi,” ungkapnya.

Sedangkan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Lampung. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Lampung telah menyerahkan vaksin Covid-19. Mudah-mudahan dengan upaya vaksinasi, masyarakat yang terpapar Covid-19 semakin menurun,” katanya dalam sambutan.

Covid-19, kata Loekman, merupakan penyakit menular. “Covid-19 merupakan penyakit menular. Keadaan semakin buruk jika orang punya penyakit penyerta atau usia lanjut,” ujarnya.

Loekman melanjutkan, Covid-19 harus terus diperangi. “Kita akan terus perangi Covid-19. Semoga dengan vaksinasi ada percepatan penanggulangan Covid-19. Vaksin hanya upaya pencegahan. Karena itu, protokol kesehatan harus tetap ditegakkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Jumlah vaksin tidak sebanding dengan jumlah penduduk Lamteng,” ungkapnya.

Bagi yang akan divaksin, kata Loekman, ada kriterianya. “Ada kriteria yang bisa divaksin. Salah satunya faktor usia. Kayak saya, kalau divaksin bisa mati nanti. Karena itu, tenaga kesehatan harus menjalankan sesuai protap,” katanya.

Sasaran vaksin, kata Loekman, sudah ditentukan. “Pimpinan daerah dan tenaga kesehatan untuk tahap pertama vaksin ini yang memenuhi persyaratan. Segera kita mulai vaksinasi. Tidak ada jaminan memang divaksin bisa terhindar dari Covid-19. Hanya Allah SWT yang bisa jamin,” ujarnya.

Dalam vaksinasi, kata Loekman, akan dilaksanakan di RSUD Demang Sepulau Raya. “Ya, di RSUD DSR. Tempat lainya belum tahu karena harus ada petugas khusu yang memvaksin. Tindak sembarangan,” ungkapnya.

Diketahui hasil pemantauan Pemkab Lamteng per 24 Januari 2021, sudah 1.231 orang yang terkonfirmasi Covid-19. Rinciannya, sembuh 943 orang, 70 isolasi rumah sakit, 158 isolasi mandiri, dan meninggal 60 orang. (sya/sur)


Komentar

Rekomendasi