Akhir 2020, Cash Flow BPJS Kesehatan Berangsur Sehat

  • Bagikan
Meeting zoom bersama Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris. FOTO DOKUMEN BPJS KESEHATAN CABANG BANDARLAMPUNG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Upaya pemerintah dan BPJS Kesehatan dalam mencukupi pembiayaan program JKN-KIS mulai membuahkan hasil. Itu terlihat dari cash flow atau arus kas dana jaminan sosial (DJS) kesehatan yang mulai surplus dan kondisi keuangan berangsur sehat pada akhir 2020.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, kondisi DJS kesehatan yang berangsur sehat ini ditunjukkan dengan kemampuan BPJS dalam membayar seluruh tagihan pelayanan kesehatan secara tepat waktu kepada seluruh fasilitas kesehatan. Termasuk penyelesaian pembayaran atas tagihan tahun 2019.

“Data unadited mencatat, setelah dilakukan pembayaran kepada seluruh fasilitas kesehatan, posisi per 31 Desember 2020 DJS kesehatan memiliki saldo kas dan setara Rp18,7 triliun,” kata Fachmi Idris dalam meeting zoom, Senin (7/2).

Baca Juga:   Simak, Ini Inovasi Terbaru XL dan Axis

Selain itu, dengan tata kelola yang andal, program JKN-KIS diharapkan pada tahun 2021 mulai dapat membentuk dana cadangan teknis untuk memenuhi persyaratan tingkat kesehatan keuangan DJS kesehatan sesuai regulasi.

“Tentu untuk prediksi kondisi DJS kesehatan ke depan, terlebih di masa pandemi Covid-19, kita akan terus pantau. Dengan memperhatikan tingkat kesehatan masyarakat serta kondisi ekonomi Indonesia. Kondisi cash flow DJS kesehatan yang berangsur sehat ini menjadi hal positif untuk keberlangsungan program JKN-KIS ke depan,” tegas Fachmi.

Baca Juga:   Simak, Ini Inovasi Terbaru XL dan Axis

Dilanjutkan, tongkat estafet ini diharapkan dapat meringankan laju Direksi BPJS Kesehatan di masa mendatang.

Fachmi juga mengungkapkan  bagaimana cash flow bisa naik dalam kondisi terpuruk, meski dalam situasi pandemi Covid-19. Di antaranya servis atau pelayanan yang bermutu.

“Upaya servis mutu dan biaya terkendali. Peningkatan ini karena masyarakat, terlebih yang teratur membayar iuran,” ujarnya.





  • Bagikan



Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan ASDP Tak Melayani Pemudik, Kecuali…