oleh

Dana Desa Dapat Digunakan untuk Penanganan Covid-19

RADARLAMPUNG.CO.ID –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Lampung mencatat dana desa tahap pertama mulai tersalurkan ke desa-desa yang ada di Lampung.

Kepala Dinas PMDT Lampung Zaidirina mengatakan, dana desa tahap pertama tahun 2021 mulai disalurakan sekitar Rp200-300 juta per desa. “Ya, sudah mulai disalurkan. Keseluruhan ada Rp 1 miliar per desa,” ungkapnya.

Di tengah pandemi Covid-19 sesuai dengan instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 1 tahun 2021 maka dana desa dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro.

“Karena sedang pandemi Covid-19 sekarang dan pemerintah kembali menggalakan pembatas kegiatan secara mikro di tingkat Desa, maka dana desa bisa digunakan untuk penanganan Covid-19,” katanya.

Lampung sendiri kata Zaidirina, memiliki 2.435 desa yang tersebar di 13 kabupaten. Dari jumlah tersebut hampir semua desa telah memiliki posko penanganan Covid-19.

“Sudah kita data dan alhamdulillah posko Covid-19 di tingkat desa masih bagus dan aktif. Kemarin sudah dilaporkan ke Ditjen Bina Pemdes dan ini mendapatkan apresiasi dari beliau,” ucapnya. (pip/sur)


Komentar

Rekomendasi