oleh

Mulai Dibuka Tahun Ini, Segini Kuota Prodi Bahasa Lampung di Tiap Jalur Masuk

RADARLAMPUNG.CO.ID – Program Studi Bahasa Lampung bakal mulai menerima mahasiswa baru tahun ini, pasca disetujui Dirjen Pendidikan Tinggi, Nizam yang ditandai dengan keluarnya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30/E/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa Lampung Program Sarjana pada Universitas Lampung di Kota Bandarlampung Rabu (10/2) lalu.

Tahun ini, Dekan FKIP Unila Prof Patuan Raja melalui Wakil Dekan 1 FKIP Unila Sunyono mengatakan, ada 74 kuota mahasiswa untuk bergabung. Di mana jalur masuknya dibagi menjadi 3 jalur.

“Untuk kuota SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ada kuota 20% atau 15 orang. Untuk SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sebanyak 53% atau 40 orang. Dan jalur Mandiri sebanyak 27% atau 19 orang. Jadi total 74 orang,” jelas Sunyono.

Sebelumnya, pasca dibukanya Prodi Bahasa Lampung ini, Sunyono mengungkapkan terimakasih keberbagai pihak. Pasalnya pembukaan prodi Bahasa Lampung ini telah lama digagas, namun urung dapat dilakukan.

“Alhamdulillah, SK prodi S1 Bahasa Lampung telah terbit. Terimakasih pak Gubernur Lampung, pak Kadis Disdikbud Lampung, pak Rektor dan para Wakil Rektor yang telah memberikan support yang luar biasa terhadap perjuangan pembukaan prodi S1 Bahasa Lampung di FKIP Unila. Untuk FKIP Unila sudah menetapkan kuota daya tampung tahun 2021 untuk mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Lampung sebanyak 70 orang,” terangnya.

Dia melanjutkan, dibukanya prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung ini juga berkat upaya beberapa pihak, selain support yang luar biasa dari pak Rektor dan wakil Rektor, juga dukungan yang luar biasa dari Pemerintah Provinsi Lampung.

“Oleh sebab itu patut kiranya kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur Lampung, Bapak Arinal Junaidi yang telah men-support terhadap usulan prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung. Terimakasih juga kepada Afiliasi Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah (ADISABDA) pusat dan Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Propinsi Lampung yang telah memberikan dukungan pembukaan prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung,” ucapnya.

“Juga kepada L2DIKTI Wilayah 2 Palembang yang telah memberikan rekomendasi terhadap pembukaan prodi tersebut. Serta yang tak kalah luar biasa adalah tim proposal Bahasa Lampung yang dikomandoi oleh ibu Farida Aryani yang terus bekerja tanpa mengenal lelah. Upaya sejak sekitar tahun 2006, baru sekarang, tahun 2021 telah menuai hasil kerja kerasnya. Alhamdulillah, terbayarlah jerih payah selama ini,” tambahnya. (rma/sur)


Komentar

Rekomendasi