oleh

Tiyuh Marga Kencana Ditetapkan Sebagai Kampung Tangguh Nusantara

RADARLAMPUNG.CO.ID-Tiyuh Marga Kencana Kecamatan Tulang Bawang Udik (Tuba Udik), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTN). Peresmiannya sebagai KTN akan dilaksanakan pada Selasa (23/2) di balai tiyuh setempat.

Diketahui, KTN adalah salah satu program Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang menjadi bagian dari upaya pencegahan dan penanganan dampak pandemi covid-19. Tiyuh yang ditetapkan sebagai KTN dinilai kuat dalam penanggulangan pandemi Covid-19 dengan menitikberatkan partisipasi dan peran aktif setiap elemen masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19,

KTN yang sudah ditetapkan diharapkan akan menjadi contoh bagi tiyuh-tiyuh yang lainnya untuk melaksanakan ketangguhan dalam menghadapi pandemi Covid-19, baik dalam sistem ketahanan pangan, ketahanan informasi, ketahanan kesehatan, maupun ketahanan di bidang kamtibmas.

Camat Tuba Udik, Iwan Setiawan, SH, MH, menjelaskan, ada beberapa kriteria dalam penetapan KTN, diantaranya, kriteria di bidang kesehatan, pangan, kamtibmas, dan informasi.”Intinya ketangguhan suatu tiyuh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dalam hal ini pihak kepolisian yang menetapkan Tiyuh Marga Kencana sebagai pilot project dalam project KTN di Tulang Bawang Udik,”ungkapnya, Senin (22/2).

Dalam hal ketahanan pangan, lanjutnya, ada kebiasaan baik di tengah-tengah masyarakat, misalnya dengan memanfaatkan waktu dirumah untuk melakukan hal positif dengan cara bercocok tanam.”Nah, disini Tiyuh Persiapan Gading Kencana yang sampai saat ini masih menjadi bagian dari Marga Kencana dijadikan sebagai lokasi ketangguhan pangan,”terangnya.

Lalu di bidang ketahanan informasi berkaitan dengan edukasi kepada masyarakat agar menaati kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dan untuk ketahanan kesehatan sendiri ialah melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di masa pandemi ini.”Tersedianya rumah isolasi dan satgas tiyuh salah satu indikatornya,”ulas Iwan.

Pihaknya pun mengapresiasi program KTN, sebab menurutnya program tersebut adalah salah satu bentuk komitmen bersama dalam upaya pencegahan Covid-19 dan sekaligus penanganan dampaknya.”Kita berharap nantinya akan menjadi contoh bagi tiyuh-tiyuh yang lainnya untuk melaksanakan upaya-upaya ketangguhan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kita juga berharap tiyuh-tiyuh lainnya juga segera menyusul ditetapkan sebagai KTN,”harapnya. (fei/rnn/wdi)


Komentar

Rekomendasi