oleh

Buka Tes Minat Bakat, RSJ Bantu Mahasiswa Pilih Jurusan Kuliah

radarlampung.co.id-Memasuki masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Lampung menginisiasi untuk membuka tes minat bakat. Hal ini bertujuan agar mahasiswa bisa memilih jurusan yang tepat.

Humas RSJ Provinsi Lampung David mengatakan tes minat bakat ini berisikan tiga macam tes psikologi. Di mana per harinya tes ini berlangsung dua sampai tiga jam, dengan kisaran biaya sebesar Rp330 ribu per tes.

“Tes ini akan membantu mahasiswa dalam memilih jurusan, sehingga tidak salah dalam memilih jurusan saat kuliah,” jelasnya.

Terpisah, Psikolog RSJ Provinsi Lampung Sri Astuti menyebutkan, psikologi anak yang baru lulus SMA masih dalam golongan usia remaja. Di mana, masih ada pengaruh ikut minat yang sama dengan teman sebaya dalam memilih pendidikan. Hal itu bisa nantinya mempengaruhi minat bakat dalam memilih jurusan kuliah.

“Karena itu perlu digali, karena setiap anak memiliki potensi bakat yang bisa ditemukan. Nantinya bisa membantu mengembangkan anak tersebut hingga sukses. Karena itulah, perlu bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas, maka sebaiknya melakukan tes bakat dan minat dan bisa mengenali potensi anak tersebut,” lanjutnya.

Sementara tujuan dari tes bakat dan minat ini guna membantu memeberikan gambaran mengenai kemampuan seseorang pada bidang tertentu. Karena setiap individu nya pasti memiliki minat bakat berbeda.

Maka dengan tes ini, dapat langsung diketahui gambaran mengenai bakat dan minat dari siswa tersebut. Sehingga, bisa membantu anak dalam memilih fakultas dalam kampus yang dituju. (rma/wdi)


Komentar

Rekomendasi