oleh

Perkuat Kolaborasi, PTPN VII Silaturahmi ke Radar Lampung

Radarlampung.co.id – Kampanye Akhlak, tagline yang dilaunching Kementerian BUMN RI terus ditindaklanjuti PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII).

Sekretaris Perusahaan PTPN VII, Bambang Hartawan menjelaskan, Akhlak yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, merupakan nilai utama (core values) di semua entitas di bawah Kementerian BUMN.

“Ya, Pak Menteri Erick Tohir beberapa waktu lalu mencanangkan Akhlak sebagai tata nilai utama di seluruh entitas dalam naungan Kementerian BUMN. Salah satu tata nilai itu adalah kolaboratif, yakni poin ke enam. Nah, hari ini kami bersilaturahmi dengan media, terutama Radar Lampung Group (Radar Lampung dan Radar Lampung Online) ini adalah salah satu implementasi dari nilai kolaboratif,” ungkap Bambang, saat berkunjung ke Graha Pena Radar Lampung, Selasa (23/2).

Bambang yang datang ke Graha Pena Radar Lampung bersama Kasubbag Komunikasi Perusahaan dan PKBL Fitri Sartika, diterima beberapa unsur pimpinan di Radar Lampung Group. Antara lain, General Manager Radar Lampung dan Radar Lampung Online Purnawirawan, Pimpinan Redaksi Radar Lampung Taufik Wijaya, dan Pimpinan Redaksi Radar Lampung Online Widisandika Budiman.

Bambang Hartawan menjelaskan, pesan kolaborasi yang dimaksudkan oleh Menteri BUMN berlaku menyeluruh. Kolaborasi yang bermakna kerja sama saling menguntungkan, merupakan tata nilai yang harus dikuatkan ke internal sesama insan BUMN, terutama di tubuh PTPN VII, juga ke luar dengan stakeholder.

Khusus dengan media, kolaborasi PTPN VII adalah kerjasama yang sangat strategis. Sebab, media seperti Radar Lampung Grup merupakan media mainstream di Lampung yang dapat mewakili suara dan juga telinga publik.

“Kolaborasi internal untuk saling mendukung dan menguatkan memang yang sangat ditekankan, tetapi ke luar dengan stakeholder juga amat penting. Menurut kami, stakeholder paling strategis adalah media massa. Karena media adalah suara sekaligus telinga publik. Jumlah telinga dan mulut yang diwakili media jauh lebih besar dibanding anggota stakeholder yang lain,” katanya.

Bambang mengapresiasi kepada Radar Lampung atas kerjasamanya, terutama dalam menyiarkan konten positif tentang PTPN VII. Ia berharap kerjasama ini terus terjalin dan ditingkatkan.

Menanggapi hal tersebut, GM Radar Lampung dan Radar Lampung Online, Purnawirawan menyambut baik kunjungan dari manajemen PTPN VII.

Ia menyebutkan, PTPN VII dengan komoditas kelapa sawit, karet, tebu, dan teh yang tersebar di Lampung, Sumsel, dan Bengkulu, memliki andil besar di kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya mempunyai kewajiban untuk ikut menyampaikan tentang kondisi aktual dan menginspirasi kepada publik.

“Keberadaan PTPN VII sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat sekitar. Dari jumlah tenaga kerja yang terserap hingga munculnya pusat-pusat ekonomi baru di daerah terpencil, itu sangat terasa manfaatnya. Terlebih di masa pandemi begini, PTPN VII cukup stabil,” katanya.

Purnawirawan mengusulkan, PTPN VII terus bekerjasama dengan media dalam mengenalkan berbagai keunggulan dan perannya kepada lingkungan. Ia mencontohkan, secara berkala, PTPN VII mengajak awak media untuk melihat langsung kondisi lapangan, dari kebun, pabrik, hingga produk yang dihasilkan untuk dipasarkan atau diekspor.

“Saya kira kebaikan PTPN VII kepada lingkungan harus terus disampaikan kepada masyarakat. Juga dengan kondisi operasional di lapangan, kalau perlu ajak wartawan ke kebun, ke pabrik, dan fasilitas lain agar mereka bisa menulis kondisi terkini,” kata Purna, sapaan akrabnya.

Hal senada disampikan Pimpinan Redaksi Radar Lampung Taufik Wijaya dan Pimpinan Redaksi Radar Lampung Online Widisandika Budiman menyambut baik PTPN VII membangun sinergi untuk kemajuan bersama. (gie/yud)


Komentar

Rekomendasi