oleh

Cegah Banjir, Puluhan Warga Gotong- Royong Bersihkan Aliran Sungai

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Puluhan warga bersama dengan segenap aparatur Pemerintah Kelurahan Daya Murni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), bergotong-royong membersihkan aliran sungai sepanjang 3 (tiga) kilometer yang melintasi Lingkungan (Lk) I, II, dan III di kelurahan setempat.

Mereka tak ingin aliran air sungai menjadi terhambat dan terlihat kotor akibat dipenuhi sampah yang hanyut terbawa arus, terlebih saat ini intensitas dan curah hujan terus meningkat.

Dengan berbagai peralatan yang mereka bawa, warga terlihat sangat antusias dan kompak turun ke sungai. Sampah dalam endapan lumpur di angkat ke sisi sungai, lalu rumput dan pohon yang dinilai dapat menghambat aliran sungai juga di bersihkan.

Dengan begitu, aliran sungai pun diharapkan dapat semakin lancar, sehingga ancaman resiko banjir dapat lebih diminimalisir. Sebab, sungai tersebut rawan meluap, bahkan hingga masuk ke pemukiman setiap musim hujan.

“Jika dibiarkan dan tidak dibersihkan, kami khawatir dapat mengakibatkan banjir seiring debit air yang terus meningkat di aliran sungai tersebut. Untuk mencegah itu, kami bersama-sama dengan warga sekitar berinisiatif untuk bergotong- royong membersihkan aliran sungai ini,”ungkap Surya Jaya Rades, S.STP, Lurah Dayamurni, saat berbincang-bincang di sela-sela kegiatan gotong royong tersebut, Rabu (24/2).

Menurutnya, kegiatan gotong-royong tersebut sekaligus dalam rangka memberikan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Dengan terjaganya kebersihan lingkungan, tentu tidak hanya membuat lingkungan menjadi asri dan sehat, tapi juga akan berdampak pada kenyamanan dan kesehatan masyarakat. Untuk itu, mari bersama-sama kita jaga kebersihan lingkungan sekitar kita,”harapnya.

Kegiatan gotong- royong tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin di tengah masyarakat. Untuk itu, kata dia, pihaknya merencanakan akan diatur secara bergiliran di setiap wilayah.

“Paling tidak, ini dapat menjadi agenda rutin setiap bulan di masing-masing LK, dan kami pemerintah kelurahan akan mendorong itu dan terjun bersama-sama mendampingi masyarakat dalam kegiatan gotong royong,”tandasnya.

Di lokasi kegiatan gotong-royong, warga dengan penuh semangat membersihkan aliran sungai, tak peduli lumpur mengotori badan mereka. Mereka berharap, dengan dibersihkannya aliran sungai tersebut dapat meminimalisir resiko banjir dari luapan sungai.

“Kami sangat mendukung kegiatan gotong-royong seperti ini, sebab kami menyadari bahwa manfaatnya tentu untuk kita bersama. Yang jelas, kalau lingkungan bersih kita pun nyaman,”singkat Heri (35), warga sekitar. (fei/rnn/yud).


Komentar

Rekomendasi