Dosen Lulusan S3 Universitas Teknokrat Kembali Bertambah

  • Bagikan
Afrianto dosen Universitas Teknokrat

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tenaga dosen Universitas Teknokrat Indonesia salah satu PTS terbaik di Lampung yang menyelesaikan studi program doktoral (S3) terus bertambah.

Teranyar, Dr. Afrianto, S.S., M.Hum, dosen Universitas Teknokrat telah menyelesaikan Studi Program Doktoral (S3) di bidang Ilmu Sastra dengan peminatan Linguistik di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung. Ia menyelesaikan doktornya selama tujuh semester, masuk Agustus 2017 dan lulus Februari 2021.

Afrianto lahir 20 April 1981 di Gisting, Tangamus, Lampung dari pasangan Ujang Syaputra dan Ibu Riyani. Afrianto telah menikah dengan wanita pujaannya Dini Rohmawati.

Jalan menuju doktor bagi Afrianto bukanlah mudah. Ia pun tidak terbayangkan bisa mengenyam pendidikan sampai ke jenjang doktoral. Sebab, dia berangkat dari bawah menjadi staf tata usaha di kampus Universitas Teknokrat karena hanya lulusan Diploma 3 Bahasa Inggris.

Baca Juga:   Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Darmajaya Juara Piala Percha Leanpuri Shokaido Sumatra Selatan 2021

Tapi jiwa juang Afrianto tidak putus hanya sebagai staf. Ia pun mengembangkan ilmunya. Sehingga saat itu sambil bekerja dan melanjutkan ke jenjang pendidikan S1 di Universitas Teknokrat.

Lulus S1 dan mendapat kesempatan mengajar, benar-benar dimanfaatkan oleh Afrianto untuk memotivasi diri melanjutkan studi. Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, memberi kepercayaan kepada Afrianto menjadi Kepala Tata Usaha di Lembaga Pendidikan Bisnis dan Manajeme (LPBM) Teknokrat. Lalu menjadi Ketua Jurusan di LPBM Teknokrat.

Ada kesempatan untuk melanjutkan kuliah S2 dengan beasiswa, menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Afrianto untuk mencoba mendaftar. Dan jalan menuju ke jenjang S2 terbuka.

Selesai Program Magister, Afrianto tidak puas diri dan melanjutkan ke jenjang S3 program doktoral pada tahun 2017. Kuliah Program doktoral (S3) di bidang Ilmu Sastra dengan peminatan Linguistik di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran (UNPAD) berhasil diselesaikan pada 11 Februari 2021.

Baca Juga:   IIB Darmajaya Peduli Jurnalis Kemanusiaan Lampung

Semasa kuliah S3, ia kembali mendapatkan
Beasiswa BPPDN (Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri) 2017. Selain itu, ia juga mendapatkan Veasiswa PKPI (Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional) 2019 di Northern Illinois University, Illinois, Amerika Serikat. Selanjutnya, ia pun menerima Hibah Penelitian Disertasi Doktor (PDD) 2020.

Dimintai keterangannya, Jumat (19/2/2021) Dr. Afrianto mengucapkan syukur alhamdulillah. Dia pun siap kembali mengabdi di almamaternya tercinta, kampusnya sang juara Universitas Teknokrat. “Bagi saya Teknokrat adalah tempat kembali untuk mengabdi setelah sekian lama mendidik diri dan berjibaku dengan buku dan waktu,” ujar Afrianto.

Ia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada kedua orang tua dan keluarga yang senantiasa mendoakan dan menjadi motivasi bagi dirinya dalam menyelesaikan studi program S3.

Baca Juga:   Besok UTBK SBMPTN, Simak Lokasi dan Hal yang Wajib Diperhatikan

Riwayat Pendidikan Afrianto :
SD Negeri 3 Kuripan, Kotaagung, Tanggamus, Lampung, lulus tahun 1994;
SMP Negeri 1 Kotaagung, Tanggamus, Lampung, lulus tahun 1997;
SMA Negeri 1 Kotaagung, Tanggamus, Lampung, lulus tahun 2000;
Pendidikan Diploma 3 Bahasa Inggris, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia (ketika itu Sekolah Tinggi Bahasa Asing Teknokrat), lulus tahun 2003;
Pendidikan Sarjana di bidang Sastra Inggris (S1) ditempuh di Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia, lulus tahun 2007;
Pendidikan Magister di bidang Ilmu Sastra dengan konsentrasi Linguistik Bahasa Inggris (S2) ditempuh di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran (UNPAD), lulus tahun 2014;
(S3) di bidang Ilmu Sastra dengan peminatan Linguistik di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran (UNPAD) lulus 2021. (rls/sur)



  • Bagikan



Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan ASDP Tak Melayani Pemudik, Kecuali…