Beri Dukungan Kepada UKM dan Dunia Usaha, Dua Menteri Kunjungi Lampung

  • Bagikan
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendampingi kunjungan dua Menteri yang tengah berkunjung ke Lampung, Minggu (28/2). Kedua menteri tersebut, yaitu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil. SUMBER FOTO DISKOMINFOTIK LAMPUNG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendampingi kunjungan dua Menteri yang tengah berkunjung ke Lampung. Kedua menteri tersebut, yaitu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil, pada Minggu (28/2).

Dalam kunjungannya, rombongan Menteri berkesempatan melakukan peninjauan kebun Pisang yang berlokasi di Desa Sumber Rejo, Kabupaten Tanggamus. Peninjauan dilakukan di Kebun Pisang Kemitraan Anggota Koperasi Produsen  Tani Hijau Makmur seluas 0,5 Ha yang berlokasi pada 450 mdpl.

Kebun tersebut dikelola secara bersama oleh masyarakat petani dibawah binaan PT Great Giant Pineapple. Pada Kunjungan berikutnya, Gubernur Arinal dan rombongan Menteri melakukan kegiatan peninjauan tempat pengelolaan Pisang (Packing House) yang dikelola oleh Kelompok Tani Arjuna  yang berlokasi desa Sumber Mulyo dusun IV Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus.

Dalam arahannya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap agar pengusaha dan petani dapat terus bermitra dan petani agar memanfaatkan koperasi sebagai wadah untuk mengembangkan usaha perkebunan pisang.

Baca Juga:   Sebelum Masuk, Peserta Musrembang Lampung Jalani Rapid Test Antigen

Ia juga mengungkapkan bahwa kehadiran dirinya bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang saat ini adalah dalam rangka memberikan dukungan kepada UKM dan dunia usaha yang ada di Provinsi Lampung.

“Kehadiran saya di sini untuk melihat secara langsung model yang dijalankan di Lampung, yaitu kemitraan antara Pengusaha dan Petani,” ujarnya, Minggu (28/2).

Teten pun memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung yang telah mengembangkan usaha kemitraan antara pengusaha besar dengan petani yang dicontohkan di Kabupaten Tanggamus.

“Kami ingin agar kemitraan yang telah dijalankan PT GGP ini dapat juga diterapkan di tempat lain, seperti di Jawa dan lainnya” terangnya.

Senada diungkapkan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil. Agar model kemitraan yang telah dijalankan di Lampung dapat juga dijalankan di daerah lain di Indonesia.

Dirinya juga sangat bangga dengan Lampung yang merupakan daerah yang mampu mencatatkan nama harum Indonesia di kancah dunia dengan menjadi penyuplai produk nanas kaleng terbesar di dunia.

Baca Juga:   Dishub Beri Sangsi Putar Balik Jika Masyarakat Nekat Mudik

Sementara, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam kesempatan tersebut menyampaikan secara singkat tentang Program Kartu Petani Berjaya kepada Menteri. Menurut Arinal Program Kartu Petani Berjaya merupakan kunci untuk membantu petani termasuk disektor perkebunan dalam usaha memenuhi permodalan dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk perbankan.

Sebelumnya, saat berkunjung ke Mahan Agung, Jumat (26/2) malam, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendukung penuh program pembangunan yang dilakukan Gubernur Arinal Djunaidi untuk mempercepat pemulihan perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19.

Menurut Teten, Lampung berpotensi di sektor pertanian dan pariwisata, yang mampu memberi sumbangsih bagi pemulihan ekonomi nasional. Di sektor pertanian, Lampung adalah kekuatan pangan Indonesia.

“Kita optimistis dengan potensi yang ada, Lampung bisa menjadi salah satu pusat pangan di Indonesia apalagi Gubernurnya juga orang pertanian jadi mengerti,” terangnya.

Selain di sektor Koperasi dan UKM, Teten menyebutkan pihaknya juga memperkuat sektor pangan termasuk urusan pariwisata. Ia juga mendukung penuh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam pembangunan Pengembangan Kawasan Pariwisata Terintegrasi Bakauheni.

Baca Juga:   Pemprov Keluarkan SE Jam Kerja Ramadan

“Lampung pesona alamnya bagus, makanannya enak dan pelabuhannya juga bersih. Lampung bisa menjadi salah satu kekuatan ekonomi di Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi siap bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam rangka mempercepat program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Ia mengatakan Lampung sebagai penghasil komoditi pertanian yang cukup besar di Indonesia baik ternak, pangan maupun perkebunan mampu berjalan dengan baik. “Meski dalam posisi pandemi Covid-19, Provinsi DKI Jakarta juga mampu kita suplay kebutuhannya,” ujarnya.

Arinal menjelaskan UMKM di Lampung juga dalam kondisi aman dan nyaman. Karena UMKM di Lampung banyak bergerak di sektor pertanian. Di sektor peternakan, Arinal menyebutkan Lampung memiliki produsen sapi dan daging wagyu satu-satunya di Indonesia. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa ekspor ini,” ujarnya.

Dirinya meminta Menteri Koperasi dan UKM untuk mendukung program dan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat disinergikan. (pip/rls/sur)



  • Bagikan



Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan ASDP Tak Melayani Pemudik, Kecuali…