Pemkab Mesuji Gandeng Perbankan Perluas Akses KUR Pertanian

  • Bagikan
Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Arif Arianto

radarlampung.co.id – Pemkab Mesuji telah menggandeng Perbankan untuk memperluas akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Petani di Desa Sungai Badak Kecamatan Mesuji.

Ya, Luasan Sawah di desa tersebut mencapai 1.500 ha, dengan Jumlah Petani mencapai sekitar 1.000 orang. Namun di lokasi tersebut mayoritas Petani belum mendapatkan Akses Permodalan, terutama KUR Sektor Pertanian.

Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Ekbang Mesuji, Arif Arianto, menjelaskan KUR Pertanian yang ditawarkan kepada para petani memiliki bunga hanya 6% per tahun.

Baca Juga:   Bubarkan Pesta Pernikahan, Polres Mesuji Amankan 2 Bandar Narkoba

“Sistemnya musiman bayarnya. Jadi, setelah panen baru mereka bayar ke Bank. Tenggang waktunya pun sesuai dengan komoditas yang ditanam,” jelas Arif kepada Radarlampung.co.id Selasa (2/3) dikantornya.

Pekan depan, lanjut Arif, akan di fasilitasi antara petani dengan perbankan dalam rangka menghadapi musim tanam. “Sejauh ini kesulitan modal menjadi malah utama petani. Kedepannya bukan hanya padi, perkebunan juga bisa,” imbuhnya.

Baca Juga:   Kabar Baik, Gedung Perpustakaan Mesuji Segera Dibangun

Arif memastikan jika semua perbankan akan ikut andil dalam Kredit Usaha Rakyat (KUR)  Pertanian ini.

Terpisah, Kepala Unit BRI Brabasan, Lukman menjelaskan, BRI siap mendukung Program KUR Pertanian. BRI sebagai salah satu Bank Penyalur, khususnya Unit Brabasan, siap mendanai permodalan Petani di Desa Sungai Badak. “Kita Siap Biayai dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian,” Ujar Lukman. (muk/yud)

Baca Juga:   Polres Mesuji Razia di Tempat Hiburan Malam, Ini Hasilnya




  • Bagikan



Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan ASDP Tak Melayani Pemudik, Kecuali…