Pilkati 69 Tiyuh Tubaba Dijadwalkan 2021, Ini Detilnya

  • Bagikan
Kadis DPMT Tubaba, Sofiyan Nur, M.IP. Foto Deddy S/radartuba

RADARLAMPUNG.CO.ID- Sebanyak 69 tiyuh di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dijadwalkan menyelenggarakan Pemilihan Kepalo Tiyuh (Pilkati) serentak tahun ini. Hal ini menyusul akan berakhirnya masa jabatan kepalo tiyuh pada Desember mendatang. Tahapan pilkati serentak tersebut direncanakan digelar mulai Juni 2021 mendatang. Tahapan pilkati tersebut akan dilaksanakan Pemkab Tubaba melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Tiyuh, sesuai dengan amanah Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 4 tahun 2018 tentang Pemilihan Kepalo Tiyuh.

“Sesuai dengan perbup tersebut, tahapan pilkati digelar 6 bulan sebelum habis masa jabatan kepalo tiyuh, sementara sebanyak 69 kepalo tiyuh habis masa jabatannya pada tanggal 16, 17, 18 Desember 2021. Makanya, tahapan pilkati akan kita laksanakan mulai Juni 2021 mendatang,”ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh (DPMT) Tubaba Sofyan Nur, S.Sos, M.IP didampingi Kabid Pemberdayaan Aparatur Pemerintah Tiyuh, Ashari, SP, Kamis (4/3).

Pemilihan 69 kepalo tiyuh ini, lanjut dia, akan diawali dengan membentuk panitia pilkati di tingkat tiyuh. Rencananya, pembukaan pendaftaran para bakal calon kepalo tiyuh akan dilaksanakan pada Agustus 2021, dan pemungutan suara atau pencoblosan calon kepalo tiyuh dilaksanakan pada 26 Oktober 2021.“Ini masih tahap rencana dan sedang dalam pembahasan dengan pimpinan. Tapi, untuk tahapan pelaksanaan pilkati serentak tetap dimulai di bulan Juni,”tandasnya.

Baca Juga:   Bupati Tubaba Tambah Kuota Penerima Bantuan Mantra

Menurutnya, pilkati tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, untuk itu Pemkab tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat dalam setiap tahapan, terlebih pada kegiatan kampanye para calon dan pada saat pemungutan suaranya.“Kegiatan ini juga nantinya dipantau langsung oleh Kemendagri melalui Dirjen Bina Pemerintahan Desa, yakni bagaimana penerapan prokes adab kebiasaan barunya, jika prokes ini tidak terpenuhi atau situasi yang terpapar Covid-19 melonjak bisa saja ini ditunda atau dibatalkan,”ujarnya.

Untuk menyukseskan pilkati serentak ini, kata dia, membutuhkan dukungan dan peran serta semua pihak, baik jajaran pemerintah tiyuh, Badan Permusyawaratan Tiyuh, dan masyarakat. Tetap menerapkan prokes Covid-19 dalam setiap aktivitas agar situasi ke depan dapat aman, dan terkendali sehingga pilkati dari awal tahapan sampai pelantikan kepalo tiyuh terpilih dapat berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.“Kami juga sama-sama berdoa dan berharap pandemi Covid-19 ini segera mereda, sehingga pelaksanaan pilkati dapat berjalan lancar,” harapnya.

Baca Juga:   Hamdalah, Buku Pantun Karya Para Ibu PKK Waykenanga Kantungi ISBN

Ashari merinci, 69 tiyuh yang akan melaksanakan pilkati tersebut yakni di Kecamatan Tulang bawang Tengah sebanyak 11 tiyuh (Penumangan, Tirta Kencana, Candra Kencana, Wonokerto, Tirta Makmur, Candra Mukti, Candra Jaya, Panaragan Jaya Indah, Panaragan Jaya Utama, Mulya Jaya, dan Tunas Asri).

Kecamatan Tulang Bawang Udik terdapat 8 tiyuh yang melaksanakan pilkati yakni, Tiyuh Karta, Karta Sari, Karta Raharja, Gunung Katun Malay, Gedung Ratu, Marga Kencana, Way Sido, dan Kagungan Ratu. Kecamatan Tumijajar terdapat 4 tiyuh yakni Tiyuh Margo Mulyo, Gunung Timbul, Murni Jaya, dan Margo Dadi. Di Kecamatan Pagar Dewa sebanyak 6 tiyuh yakni Tiyuh Pagardewa Suka Mulya, Pagar Dewa, Cahyo Randu, Bujung Dewa, Bujung Sari Marga, dan Marga Jaya Indah.

Selanjutnya, di Kecamatan Lambu Kibang 8 tiyuh yakni Tiyuh Kibang Budi Jaya, Sumber Rejo, Kibang Tri Jaya, Mekar Sari Jaya, Lesung Bhakti Jaya, Gilang Tunggal Makarta, Kibang Mulya Jaya, dan Kibang Yekti Jaya. Di Kecamatan Gunung Agung sebanyak 11 tiyuh yakni Tiyuh Tunas Jaya, Suka Jaya, Mulya Jaya, Marga Jaya, Mekar Jaya, Tri Tunggal Jaya, Sumber Rezeki, Dwikora Jaya, Wonorejo, Mulya Sari, dan Sumber Jaya.

Baca Juga:   Hamdalah, Buku Pantun Karya Para Ibu PKK Waykenanga Kantungi ISBN

Kecamatan Gunung Terang terdapat 9 tiyuh yakni Tiyuh Gunung Terang, Gunung Agung, Toto Mulyo, Terang Mulya, Kagungan Jaya, Terang Bumi Agung, Setia Agung, Mulya Jadi, dan Terang Makmur. Kecamatan Way Kenanga terdapat 7 tiyuh yakni Tiyuh Balam Jaya, Agung Jaya, Pagar Buana, Mercubuana, Indraloka Mukti, Indraloka Jaya, dan Balam Asri.

Selanjutnya di Kecamatan Gunung Terang terdapat 9 tiyuh yakni Tiyuh Gunung Terang, Gunung Agung, Toto Mulyo, Terang Mulya, Kagungan Jaya, Terang Bumi Agung, Setia Agung, Mulya Jadi, dan Terang Makmur. Kecamatan Way Kenanga terdapat 7 tiyuh yakni Tiyuh Balam Jaya, Agung Jaya, Pagar Buana, Mercubuana, Indraloka Mukti, Indraloka Jaya, dan Balam Asri. Selanjutnya di Kecamatan Batu Putih terdapat 5 tiyuh yakni Tiyuh Panca Marga, Sido Makmur, Margo Dadi, Mulyo Sari, dan Toto Makmur. (fei/rnn/wdi)



  • Bagikan



Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan ASDP Tak Melayani Pemudik, Kecuali…