2022, Bapenda Targetkan Pembayaran PKB Dapat Dilakukan di 500 BUMDes


Ilustrasi Foto: Dok. Radarbogor/Jpnn.com

Radarlampung.co.id – Gelaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) melalui Desa Mart se-Lampung berhasil menambah pemasukan sektor pajak kendaraan bermotor (PKB). Dari total 168 BUMDes yang sudah ada se-Lampung, sudah ada transaksi PKB di 38 BUMDes.

Maka pada tahun ini, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung Adi Erlansyah menargetkan pembayaran PKB bisa dilakukan di 500 BUMDes se-Lampung.





“Kami targetkan, minimal semua kabupaten memiliki satu hingga tiga BUMDes. Tahun ini kami mengejar 500 BUMDes dulu kalau bisa ya lebih. Sehingga bisa membantu masyarakat dalam mengakses pembayaran pajak kendaraan bermotor,” ungkap Adi.

Namun, menurut Adi memang perlu adanya dorongan pemda untuk menjadikan BUMDes siap dalam pelayanan PKB ke masyarakat, terutama yang berada di Desa.

Baca Juga:   KPK Terima 395 Laporan Gratifikasi Selama Hari Raya Idul Fitri

“Membuka BUMDes memang tidak bisa dipaksa karena tergantung kesiapan BUMDes-nya, bagaimana mendorong, membina, ketika siap, diajukan ke kita sudah bisa dilakukan TKS,” tambahnya.

Adi mengungkapkan, pada tahun ini dari 168 BUMDes yang sudah ada, yang sudah ada transaksi PKB ada di 38 BUMDes.

“Dari total 38 BUMDes tersebut, total transaksi yang didapatkan sebanyak Rp319,01 juta. Jumlah tersebut berdasarkan 922 unit kendaraan yang melakukan transaksi melalui BUMDes. Jumlah ini berdasarkan pemasukan pajak yang dihimpun sejak 14 September hingga 31 Desember,” tambahnya.

Adi mengatakan, 38 BUMDes yang telah dapat melakukan transaksi berada di Lampung Tengah sebanyak delapan BUMDes sebanyak 312 unit kendaraan; Lampung Barat empat BUMDes dengan sebanyak 70 unit kendaraan; Pringsewu empat BUMDes sebanyak 87 kendaraan; Lampung Utara tiga BUMDes147 kendaraan; Tulangbawang tiga BUMDes sebanyak 76 kendaraan; dan Tulangbawang Barat tiga BUMDes sebanyak 62 unit kendaraan.

Baca Juga:   Pansus LHP Atensi Kepala OPD Hadir Saat RDP

Selanjutnya, Lampung Selatan tiga BUMDes sebanyak 17 unit kendaraan; Mesuji dua BUMDes sebanyak delapan unit kendaraan; Pesawaran dua BUMDes sebanyak 70 unit kendaraan; Pesisir Barat dua BUMDes sebanyak 15 unit kendaraan; Waykanan dua BUMDes sebanyak 11 unit kendaraan; Tanggamus satu BUMDes dengan total 23 unit kendaraan, dan Lampung Timur satu BUMDes dengan total 24 unit kendaraan. (rma/sur)