226 Orang Bakal Calon Pilkati Tubaba Tunggu Proses Verifikasi Administrasi

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Sebanyak 226 orang mendaftar bakal calon (balon) Kepala Tiyuh (Pilkati) dari 69 tiyuh (desa) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). Namun, 226 orang tersebut belum dipastikan lolos menjadi calon kepala tiyuh. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT), Sofiyan Nur, (23/8).

Dijelaskannya, sebanyak 226 pendaftar bakal calon tersebut telah masuk dalam pendataan pada proses pendaftaran bakal calon yang dilakukan sejak 11 – 19 Agustus 2021. “Namun belum tentu semuanya akan lolos untuk kemudian ditetapkan menjadi calon. Sebab, masih ada proses verifikasi administrasi yang harus dilakukan, dan proses itu masih ditunda hingga saat ini.”tegasnya.


Penundaan pelaksanaan Pilkati tersebut berdasarkan pada Surat Menteri Dalam Negeri, tanggal 9 Agustus 2021, Nomor 141/4251/SJ, tanggal Penundaan Pelaksanaan Pilkades Serentak dan Antar Waktu (PAW) Pada Masa Pandemi Covid 19. “Jadi, sejak tanggal 20 Agustus kemarin setelah pendaftaran, proses Pilkati lainnya ditunda,”katanya.

Baca Juga:   bjb Solo Local Festival Dorong Generasi Muda Majukan Wirausaha

Penundaan yang dimaksud dalam surat tersebut adalah pelaksanaan pada tahapan pemilihan seluruh pelaksanaan, baik secara serentak maupun pemilihan antar waktu (PAW).

Jika nanti sudah ada kebijakan terbaru untuk melanjutkan proses Pilkati, maka pihaknya akan segera melakukan verifikasi administrasi terhadap balon, namun kesemuanya harus lengkap. “Verifikasi meliputi ijazah minimal SMP atau sederajat, kemudian bersih dari tindakan pidana apakah pernah dihukum penjara atau tidak, kemudian kesehatan harus bersih dari narkoba,”papar Sofyan.

Sehingga semua pihak yang masuk pada Panitia kabupaten akan terlibat untuk memastikan keabsahan dari dokumen- dokumen balon. “Tim ini akan bekerja secara professional. Silakan koreksi jika ada yang menurut kita semua tidak tepat atau perlu revisi,”tutup mantan Kabag Hukum Pemkab Tubaba ini tadi malam. (fei/wdi)




  • Bagikan