242 Anak PKH Lampung Siap Mendaftar SNMPTN 2021

  • Bagikan
Gerakan Ayo Kuliah (GAK) Lampung melalui Panitia Pelaksana  Satuan Tugas (Satgas) GAK 2021 mengelar kegiatan webinar dengan tema: "Anak PKH Bisa Kuliah". Sumber Foto Slamet Riyadi Korwil PKH Lampung 2

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gerakan Ayo Kuliah (GAK) Lampung melalui Panitia Pelaksana  Satuan Tugas (Satgas) GAK 2021 mengelar kegiatan webinar dengan tema: “Anak PKH Bisa Kuliah”.

Ketua Pelaksana M. Juniardi menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk membuka mindset dan menumbuhkan motivasi anak PKH kelas XII untuk melanjutkan kuliah.


“Di masa Pandemi Covid-19 kegiatan edukasi dan motivasi dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Diketahui 242 anak PKH potensial se-Lampung telah aktivasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan siap mendaftar melalui jalur SNMPTN tahun 2021,” ungkap mahasiswa UIN Raden Intan Lampung (RIL) itu.

Ia menjelaskan, kegiatan ini diikuti 73 siswa PKH potensial kelas XII yang siap mendaftar SNMPTN. Narasumber yang dihadirkan adalah Dosen Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab UIN RIL Dr. Abd. Rahman Hamid, M.Si. yang sebelumnya adalah Koordinator Wilayah PKH Sulawesi Selatan 2010-2020.

Baca Juga:   PELANTIKAN IGABA

“Peserta antusias menyimak testimoni narasumber. Dimulai dari perjuangan S1, S2, sampai menyelesaikan program doktoral di Universitas Indonesia. Dan kini menjadi dosen UIN RIL. Kisah beliau sangat inspiratif,” tuturnya.

Sementara Abd. Rahman Hamid menyatakan bahwa pendidikan tinggi adalah investasi sangat berharga untuk mengapai masa depan cemerlang.

“Saya merasa bahagia hadir di tengah 73 anak PKH yang sedang berjuang mempersiapkan mimpinya kuliah. Ini sangat positif. Dulu saya berjuang melanjutkan S1 belum ada hal seperti ini. Gerakan ini bagus dan layak menjadi model dan alternatif memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan,” ungkap pria 38 tahun yang menyelesaikan S1 – S2 sebagai wisudawan terbaik di Universitas Negeri Makasar dan Universitas Hasanudin.

Baca Juga:   PERSIAPAN PTM

Selanjutnya ia menjelaskan, minimal 3 syarat untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Pertama restu orang tua; kedua niat beribadah kepada Allah SWT; dan terakhir berkomitmen menjadi yang terbaik.

Sementara Founder GAK Lampung Slamet Riyadi mengapresiasi pencapaian Satgas GAK 2021 dan menyampaikan terima kasih kepada narasumber.

“242 anak PKH potensial yang berhasil dibina tersebut adalah angka yang fantastis. Kita doakan seluruhnya diterima kuliah dan mendapat KIP Kuliah,” terangnya.

“Kami optimistis tahun 2021 jumlah anak PKH yang berhasil kuliah akan meningkat signifikan. Kami berharap Bapak Gubernur Lampung, Kemensos RI, Kemendikbud RI, dan Kemenang RI serta stakeholder memberikan atensi khusus anak PKH mendapat KIP Kuliah/bidikmisi,” pungkas Slamet yang juga penerima beasiswa PT Djarum, PPA dan Bakrie Center Foundation (BGF) untuk S2. (pip/rls/sur)




  • Bagikan