27 Juni Libur Nasional, Agar Pemilih gak Repot

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Presiden Jokowi menetapkan hari pelaksanaan Pilkada Serentak 27 Juni 2018 sebagai hari libur nasional.

Keputusan Presiden dituangkan dalam Keppres Nomor 15 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2018 sebagai Hari Libur Nasional.

Kapuspen Kemendagri Bahtiar menjelaskan, keputusan pemerintah menetapkan hari H pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 sebagai hari libur nasional adalah dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pemilih.

 

Baca Juga:   Beri Contoh, Wabup Fauzi Donor Plasma Konvalesen

Bahtiar yang juga Jubir Kemendagri itu mengatakan, keputusan hari pencoblosan sebagai hari libur nasional dilakukan agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan memilih calon kepala daerah sesuai dengan aspirasinya.

Dia memerkirakan, ada jutaan pemilih Pilkada Jawa Barat, terutama yang tinggal di di Depok, Bogor, Bekasi yang bekerja di Jakarta. Jika 27 Juni ini tidak ditetapkan sebagai libur nasional, mereka akan sangat repot.

“Pagi dia harus bekerja ke Jakarta kan waktunya terbatas. Kalau keluar masuk ke Jakarta kan paling tidak butuh waktu 3 sampai 5 jam. Saya kira tujuannya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat,” ujar pria bergelar doktor ilmu pemerintahan itu. (jpn/ynk)




  • Bagikan