30 Atlet Binaan Khusus Jalani Pelatda Lebih Awal

  • Bagikan
Atlet senam artistik saat berlatih di PKOR beberapa waktu lalu. FOTO ANCA/RADARLAMPUNG.CO.ID 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dari 137 atlet PON, sebanyak 30 atlet masuk program pembinaan khusus dan atlet potensial sudah kembali masuk dalam pelatihan daerah (pelatda) PON Papua 2021. Mereka menjalani pembinaan terpusat yang sudah disiapkan KONI Lampung. Sebelumnya, April lalu pelatda sempat terhenti akibat pandemi.

Atlet yang masuk dalam pembinaan khusus merupakan atlet yang ditargetkan mendapatkan lebih dari satu medali emas. Pembinaan khusus ini meliputi cabang olahraga (cabor) angkat besi, angkat berat, menembak, senam, karate dan atletik. Sedangkan cabor yang masuk dalam program andalan antara lain seperti, tinju, tarung derajat, dan biliard.

“Sekarang sudah kita mulai pelatda untuk program pembinaan khusus dan program andalan. Ada 30 atlet yang kita pantau progres latihan mereka pagi dan sore oleh tim satgas,” jelas Waketum II KONI Lampung Frans Nurseto. Para atlet tersebut dipusatkan di penginapan khusus dan berlatih di area PKOR.

Selain itu, atlet ini memulai pelatda lebih dahulu, agar mereka bisa lolos seleknas Sea Games. “Maret nanti seleknas untuk masuk pelatnas Sea Games dimulai. Maka dari itu mereka kita siapkan agar bisa lolos dan masuk pelatnas,” kata pria bergelar doktor ini.

Jika pada atlet lolos seleknas, maka kata Frans akan menguntungkan kontingen Lampung di PON nanti. Sebab, atlet pelatnas yang turun di PON kualitas akan jauh lebih bagus.

Sedangkan untuk sisa atlet lain yang masih menjalani latihan secara terpisah-pisah cabor mereka. Nantinya akan masuk pelatda pada Januari 2021. “Sisanya menyusul. Januari semuanya sudah masuk pelatda,” ungkapnya.(nca/sur)




  • Bagikan