30 Petugas Rutan Kotaagung Rapid Tes, Alhamdulillah Negatif

  • Bagikan
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (dua kiri) bertemu Menteri PUPR M. Basuki Hadimuljono (dua dari kanan) membahas soal penanganan dan status jalan Provinsi Lampung di Kementerian PUPR Senin (24/8). Foto Dinas BMBK Provinsi Lampung for radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Sebanyak 30 petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotaagung menjalani rapid tes, Kamis (9/7). Kegiatan di aula rutan itu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Tanggamus dan Puskesmas Kotaagung.

Kepala Rutan Kela IIB Kotaagung Akhmad Sobirin Sholeh mengatakan, Diskes Tanggamus menurunkan lima petugas. Turut mendampingi Kabid Pelayanan Kesehatan Diskes Tanggamus Basri dan Kepala Puskesmas Kotaagung dr. Benson P.G.

“Rutan merupakan wilayah rentan terhadap penyebaran virus Corona. Karena itu deteksi dini perlu dilakukan sebagai upaya antisipasi penularan ke warga binaan,” kata Akhmad Sobirin.

Sobirin menegaskan, jajarannya siap melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama dalam bertugas.

Baca Juga:   Idul Fitri 1442 H, 286 Warga Binaan Lapas Kotaagung Dapat Remisi

Sementara, screening dimulai dengan mendata seluruh petugas untuk cek suhu tubuh. Kemudian tim medis mengambil sampel darah petugas.

Hasilnya, sebanyak 30 petugas dinyatakan non reaktif atau negatif. Sedangkan sisanya sebanyak lima orang belum menjalani tes karena sedang dinas luar.

“Alhamdulillah, dengan hasil ini, petugas Rutan Kotaagung tidak lagi was-was dalam bekerja. Namun tetap saya ingatkan untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Untuk petugas yang belum bisa ditest hari ini, segera dijadwalkan ulang. Setelah kembali berdinas, langsung ke Puskesmas Kotaagung,” sebut dia.

Sementara Kabid Pelayanan Kesehatan Basri mewakili Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, langkah-langkah preventif memang harus dilakukan dengan cepat.

Baca Juga:   SILATURAHMI VIRTUAL

Terlebih, Rutan Kotaagung memang berada dalam wilayah kerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus yang diharapkan bisa steril dari pandemi ini. (rls/ehl/ais)





  • Bagikan