300 Susu untuk Pilwakot Metro Dinyatakan Rusak

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sampai hari ini (24/11), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Metro masih melakukan sortir dan pelipatan Surat Suara (Susu) di gudang KPU setempat yang ada di Kelurahan Hadimulyo Barat, Metro Pusat.

KPU mengerahkan 86 masyarakat sekitar yang telah terlebih dahulu mendaftar dengan dibagi kedalam 11 kelompok. “Saat ini masih berlangsung sortir dan pelipatan Susu di Gudang KPU Metro,” ujar Ketua KPU Metro Nurris Septa Pratama, Selasa (24/11).

Setiap kelompok diawasi oleh staf KPU. “Kita awasi oleh pendamping dari KPU untuk memastikan Susu baik, jangan sampai ada yang cacat mutu, cacat bentuk, dan cacat kwalitas,” ucapnya.

Ditanya ada berapa temuan susu rusak, Nurris pun belum dapat memastikan total rekapitulasi terbaru. Namun, hasil sortir kemarin (23/11) ada 80 surat suara yang rusak. “Hari ini hampir 300 surat suara, tapi sampai sore ini saya belum update,” terangnya.

Baca Juga:   PKS Lampung Dapat PR Penokohan Nasional Salim Segaf

Kerusakan tersebut, diungkapkan Nurris seperti robek, cacah, buram, dan lainnya. “Nanti akan kita musnahkan bersama kepolisian dan Bawaslu. Kekurangan akan kami minta kembali ke percetakan. Kita targetkan hari ini atau besok selesai sortir dan pelipatannya,” tuturnya.

Surat suara yang tiba ke KPU sendiri sebanyak 115.844 DPT ditambah 2,5 persen, kemudian 2.000 Susu cadangan untuk PSU (Pemilihan Suara Ulang). “Untuk logistik lain sudah hampir semuanya datang. Cuma baju hazmat yang belum tiba,” ucapnya.

Setelah rampung besok (25/11) sortir dan pelipatan Susu, dilanjutkan dengan menyusun APK dan lainnya. “6 Desember kita jadwalkan distribusi dari KPU ke PPK, 7 ke 8 Desember PPK Ke PPS, dan 8 ke 9 Desember sudah di TPS,” terangnya. (pip/sur)




  • Bagikan