369 Ribu KPM Belum Tersentuh Bantuan Pangan

  • Bagikan
Kadissos Lampung Sumarju Saeni. Foto Agung Budiarto/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sasaran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Lampung baru menyentuh 260.499 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sementara total KPM berjumlah 630 ribu.

Kepala Dinas Sosial (Dissos) Lampung Sumarju Saeni mengatakan, jumlah 250.499 tersebut tersebar di empat kabupaten/kota. Yakni di Bandarlampung sebanyak 49.711 KK, Metro (6087 KK), Lampung Tengah (115.452 KK), dan Lampung Selatan (89.249 KK).

“Nemang baru segitu. Tapi, bukan berarti yang lain tidak mendapat bantuan. Hanya saja kebijakannya yang berbeda. Kabupaten/kota lain masih dalam bentuk bantuan rastra,” ujarnya kepada radarlampung.co.id, Minggu (24/2).

BPNT merupakan program yang diberikan dalam bentuk uang dengan jumlah Rp110 ribu setiap bulannya, atau Rp1,32 juta setiap tahunnya. Uang ini juga disalurkan melalui bank-bank BUMN lewat rekening yang telah dibuat. Sedangkan rastra hanya diberikan 15 kg beras dengan biaya tebus sebesar Rp24 ribu.

Baca Juga:   3458 CASN Pemprov Lampung Lolos Verifikasi, Pendaftar PPPK Tunggu Kemendikbud

“Jadi kalau untuk BPNT bisa lebih luas. Mendapatkan kartu dan ditukarkan di E-waronk,” jelasnya.

Sumarju menjelaskan, berdasarkan informasi Kementerian Sosial, per Mei 2019 diperkirakan bantuan yang sebelumnya rastra, menjadi BPNT. “Karena surat rastra itu sampai April. Logikanya, mulai Mei itu sudah secara total BPNT,” jelasnya. (abd/sur)




  • Bagikan