374 Petani di Tuba Terima KPB

  • Bagikan
Bupati Tulangbawang Winarti ditemui awak media usai membuka panen raya. FOTO M. ZAINAL ARIFIN/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 374 petani di Kecamatan Rawapitu dan Rawajitu Selatan, Kabupaten Tulangbawang (Tuba), menerima program Kartu Petani Berjaya (KPB). Hal ini diketahui saat panen raya padi inbrida, sekaligus launching dan implementasi program Kartu Petani Berjaya (KPB) beserta pembagian bibit hortikultura dan benih padi di Kampung Sumberagung, Kecamatan Rawapitu, Kabupaten Tulangbawang (Tuba), Rabu (18/5).

Panen raya dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov) Fahrizal Darminto beserta jajarannya, Ketua Tim Kartu Petani Berjaya (KPB) Yusuf S. Barusman, Bupati Tulangbawang Winarti, Forkopimda setempat, pihak-pihak terkait, serta kelompok Gapoktan.

Gubernur melalui Sekprov menuturkan, Kementerian Pertanian telah menjadikan Lampung sebagai lokomotif pertanian di Indonesia. Dengan adanya Kartu Petani Berjaya, petani di Lampung diharapkan mendapat kemudahan, di antaranya dalam memenuhi sarana produksi, akses permodalan, pembinaan, penanganan panen, dan pasca panen serta beberapa kemudahan lainnya.

Baca Juga:   117 ASN Tuba Naik Pangkat, Ini Pesan Bupati untuk Mereka

Saat ini jumlah petani anggota KPB sebanyak 179.936 orang. Yang telah mengimplementasikan sebanyak 23.179 orang dan yang telah membuka rekening pada Bank BNI 593.589 orang serta KUR yang telah dimanfaatkan petani sebesar Rp60,3 miliar.

Sementara itu, Bupati Tulangbawang Winarti menjelaskan, sektor pertanian sangat berperan penting bagi kesejahteraan masyarakat.

Dilanjutkannya, pada tahun ini total luas panen padi sawah 52.149 hektare, dengan produksi 267.094 hektare. “Alhamdulillah selain panen raya, kita juga berikan 1500 bibit holtikultura kepada Gapoktan dan KWT (Kelompok Wanita Tani) dan benih padi untuk 1.000 hektare lahan petani dari Kementerian,” terangnya. (nal/sur)




  • Bagikan