40 Guru Bandarlampung Godok Soal USBN dan UAS

  • Bagikan
40 Guru Bandarlampung menggodok soal USBN dan UAS tingkat SD dan SMP di Aula Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung, Senin (14/1). Foto Aprohan Saputra/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Sebanyak 40 Guru menadapat mandat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandarlampung untuk menggodok soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) siswa SD serta SMP.

Sekretaris Disdikbud Bandalampung Eka Afriana mengatakan, penggodokan soal dilaksanakan selama empat hari ke depan. Untuk soal USBN bagi SD dan SMP sedangkan soal UAS hanya untuk siswa SD.

“Kalau soal yang akan kita buat setiap mata pelajarannya masih menyesuaikan, tapi yang pasti untuk mata pelajaran USBN SD yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA. Kemudian jenjang SMP yakni mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, Bahasa Inggris, IPS dan PKn,” kata Eka, Senin (14/1).

Baca Juga:   Ranking Webometrics, UIN RIL Tiga Besar PTKIN 

Kemudian, UAS untuk SD yakni PKn, IPS, SBK (seni budaya dan jesenian) dan PJOK (pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan). Terkhusus untuk soal USBN ada 25 persen berasal dari bank soal Kemendikbud RI, sisanya 75 persen yang dibuat oleh tim daerah.

Ketua MKKS SMP Bandarlampung M. Badrun menambahkan, ada 40 soal pilihan ganda dan 5 esai yang akan dibuat. Soal yang dibuat nantinya dengan High Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berfikir tingkat tinggi. “Setiap mata pelajaran menggunakan sistem HOTS, kita buat soal ini harapannya bisa menguji kemampuan siswa,” tambahnya.

Adapun jadwalnya untuk USBN SD dan SMP diperkirakan pada awal sampai pertengahan April mendatang. Lalu dilanjutkan pada pertengahan April hingga akhir bulan akan dijadwalkan UAS, diharapkan agar para siswa bisa mempersiapkan semuanya. (apr/kyd)

Baca Juga:   Rektor UTI Pandu Diskusi Forum Rektor Indonesia

 




  • Bagikan