5 Cara Simpan Kue Kering Agar Renyah Tahan Lama

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Kue kering memang punya masa simpan yang cukup lama. Tapi ada beberapa trik khusus yang harus dilakukan agar kualitasnya tak berkurang dan kue tetap renyah.

Lebaran kurang lengkap tanpa adanya kue kering. Tapi supaya kue kering bisa jadi suguhan yang awet tahan lama, ikuti tips cara menyimpannya.

Jenis bahan wadah penyimpanan hingga cara menyimpan kue kering bisa mempengaruhi lamanya masa simpan. Agar kue tetap enak dan renyah ikuti 5 tips berikut saat menyimpannya.

  1. Dinginkan kue sebelum disimpan

Jika membuat kue sendiri di rumah, pastikan kue sudah didinginkan sebelum disimpan. Uap panas pada kue yang masih hangat akan membuat lembab sehingga kue cepat melempem dan rusak saat disimpan.

Sebaiknya diamkan kue hingga benar-benar dingin baru tata dalam stoples. Agar tak terlalu lama menunggu, manfaatkan baking rak agar kue kering cepat dingin.

  1. Gunakan stoples kering dan kedap udara

Sebelum digunakan untuk mengemas kue kering, pastikan wadah sudah benar-benar bersih dan kering. Untuk memastikan stoples kering, bisa dilap dengan kain bersih, diangin-anginkan atau dijemur selama beberapa waktu.

Selain kering, stoples juga harus kedap udara. Pastikan stoples punya penutup karet atau uliran putar yang kuat dan rapat. Kondisi stoples yang kedap udara bisa menjaga kerenyahan kue kering.

  1. Beri silica gel atau garam kemasan
    Supaya kelembaban di dalam stoples tetap terjaga, manfaatkan silica gel kemasan kecil. Masukkan sekantung silica gel dalam stoples agar kue tetap kering. Silica gel ini banyak dijual di toko bahan kue.

Selain silica gel, bisa juga memanfaatkan garam yang dikemas dengan kain bersih. Masukkan sesendok garam dalam kain lalu ikat hingga rapat dan masukkan dalam stoples.

  1. Simpan di tempat sejuk

Simpan kue kering di tempat yang sejuk dan kering. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung atau bahan yang berbau menyengat.

Jika menyimpan di ruang tamu, pastikan kue tidak terpapar panas matahari dari luar. Semakin sering kue terkena panas maka semakin cepat melempem dan menyebabkan jamur.

5. Simpan dalam kulkas

Supaya makin awet lama, simpan kue kering dalam lemari es. Suhu yang dingin pada lemari es bisa menjaga kue tetap kering dan lebih tahan lama. (dtf/ynk)




  • Bagikan