5 Langkah Bikin Kopi Pagi Anda Lebih Sehat

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Selain mengandung dosis antioksidan yang signifikan, kebiasaan minum kopi setiap hari juga bisa membantu menangkal sejumlah penyakit, termasuk diabetes tipe 2, Parkinson dan kanker usus besar dan payudara.

Untuk memaksimalkan manfaat dari secangkir kopi kesayangan Anda, berikut ini beberapa tips agar kopi pagi Anda menjadi jauh lebih sehat, seperti dilansir laman Health.

  1. Minumlah segelas air dulu

Penelitian telah menunjukkan bahwa meskipun kafein bersifat diuretik (yang berarti memicu kehilangan cairan), tubuh Anda bisa menyesuaikan asupan kafein secara konsisten yang meniadakan efek dehidrasi.

Namun, banyak orang yang memulai hari dengan kopi menemukan bahwa mereka tidak minum cukup air putih pada akhir hari.

Jika Anda salah satunya, cobalah setidaknya minum satu cangkir atau delapan ons H2O (biasa atau diinfuskan) saat Anda bangun. Dan targetkan empat porsi 16-ons air sepanjang hari agar tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Hindari pemanis buatan

Mereka mungkin bebas kalori, tetapi penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan memacu rasa lapar dan terkait dengan peningkatan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Coba sesuaikan dengan kopi tanpa pemanis atau gunakan jumlah kecil dari gula asli.

  1. Gunakan sedikit gula

The American Heart Association merekomendasikan batas harian enam sendok teh gula tambahan per hari untuk wanita.

Itu tidak memberi ruang bagi gula dalam kopi Anda, namun daripada menuangkannya dari wadah yang lebih besar, gunakan paket atau sendok pengukur untuk melacak asupan Anda.

Coba gunakan hanya satu paket atau satu sendok teh. Jika Anda menggunakan susu atau krim pra-pemanis, lewatkan gula pasir sama sekali.

  1. Gunakan susu yang diberi makan rumput atau susu nabati

Jika Anda penggemar susu, pilihlah susu dan krim organik atau susu organik dalam kopi Anda. Susu yang diproduksi dengan cara ini mengandung lebih banyak nutrisi, serta asam lemak omega-3 anti-inflamasi.

Sebagai alternatif, pilihlah “milks” dan creamers yang terbuat dari almond, kelapa, jambu mete dan sumber tanaman lainnya.

Mereka bisa jauh lebih rendah dalam kalori daripada krim tradisional dan mereka sering diproduksi dengan bahan-bahan alami (tanpa sirup jagung fruktosa tinggi) dan memberikan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

  1. Tambahkan kayu manis atau bumbu lainnya

Salah satu trik terbaik untuk memotong asupan gula Anda adalah dengan meraih rempah-rempah “manis”, seperti kayu manis, jahe, pala dan cengkeh.

Selain meningkatkan rasa dan aroma, rempah-rempah secara serius meningkatkan asupan antioksidan Anda. (Cinnamon memiliki manfaat tambahan dalam membantu dengan gula darah dan regulasi insulin.)

Anda juga bisa mencoba bumbu rempah-rempah, seperti bumbu labu atau bumbu apel atau taburi bubuk coklat mentah, tambahan kaya antioksidan lainnya. (jpn/ynk)




  • Bagikan