5000 Benih Ikan Jelabat Berhasil di Budidayakan di BBIS Purbolinggo, Lamtim


RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 5000 benih ikan jelabat berhasil di budidayakan di Balai Benih Ikan Sentral Purbolinggo, Lampung Timur. Sebelumnya, di Provinsi Lampung belum ada yang berhasil memijahkan ikan jelabat yang merupakan ikan endemik Lampung tersebut.

Iskandar, Kepala UPTD BBIS Purbolinggo, Lamtim mengatakan ini pertama kalinya berhasil di budidayakan di Provinsi Lampung. Sebelumnya, Lampung hanya melakukan pembesaran jelabat dengan benih berasal dari Jambi.





“Iya ini pertama kalinya berhasil. Alhamdulillah kemarin sudah ada 5000 benih yang sudah kita sebar untuk pembesaran,” beber Iskandar, Selasa (26/4).

Nantinya, BBIS Purbolinggo akan fokus untuk menjadikan benih-benih jelabat ini sebagai indukan. Karena memang diakui Iskandar ikan jelabat ini merupakan ikan endemik yang memang sudah hampir punah.

Baca Juga:   Lampung Waspada Penyakit Mulut dan Kuku

Dalam keberhasilan pembenihan ini, beberapa hal terkait kondisi lingkungan menjadi perhatian. Seperti kondisi keasaman air atau kadar pH di angka 7 dan suhu harus 32-33 derajat Celcius.

“Yang diharapkan, 5000 benih ini dapat tumbuh maksimal. Karena tingkat kelulus hidupan jelabat masih rendah. Hal itu karena usia jelabat untuk sampai ukuran konsumsi itu mencapai usia 8 bulan,” lanjutnya.

Saat ini pembesaran ikan jelabat dilakukan di kolam BBIS Purbolinggo dengan kedalaman 1,5 meter. “Harapannya kalau bagus kita akan jadikan ini indukan. Sehingga kita bisa terus melestarikan ikan endemik ini,” tandasnya. (rma/yud)