Kita Indonesia, Kita Pancasila!

  • Bagikan
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Pemkab Pesawaran, Sabtu (1/6). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Pemkab Pesawaran, Sabtu (1/6). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Peringatan Hari Lahir Pancasila diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemudian terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan serta kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia. Kita Pancasila,” kata Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Hariyono dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 di lapangan pemkab, Sabtu (1/6).

Menurut dia, walaupun sebagai bangsa masih belum secara sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila, namun eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun negara masih bisa bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Di mana, Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan pada kehidupan sehari-hari. ”Dalam konteks itulah, memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan,” tegasnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila juga harus dijadikan sarana mengenang dan merefleksikan momentum sejarah. Sebab pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. (ozi/ais)




  • Bagikan