DPMPTSP Tak Akan Keluarkan Izin Huller Keliling

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id-Pelarangan huller (mesin pengupas padi) keliling di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) ditindaklanjuti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat.

DPMPTSP memastikan tidak akan memberi izin usaha huller keliling. Sebab, keberadaannya dinilai mengganggu lingkungan, mengabaikan keselamatan, dan merugikan pemilik usaha huller yang menetap.

Kepala DPMPTSP Lamteng A. Helmi menyatakan pihaknya tidak bisa mengeluarkan izin usaha huller keliling. “Nggak bisa dikeluarkan izinnya. Hal ini sudah dibahas dampaknya jika tetap beroperasi,” katanya, kamis (17/1).

Dampaknya, kata A. Helmi, mengganggu masyarakat karena debunya mengganggu lingkungan, mengabaikan keselamatan karena operator hullernya tidak punya SIM dengan kendaraan yang sudah dimodifikasi, dan merugikan pemilik usaha huller yang menetap. “Banyak dampak negatif dengan adanya huller keliling. Pembagian zonasi juga belum ada dasarnya,” ujarnya.

Apabila masih ada pemilik usaha huller keliling setelah dikeluarkan surat imbauan, kata A. Helmi, akan dilakukan tindakan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. “Tangkap jika masih beroperasi. Nanti dibentuk satuan tugas (satgas),” ungkapnya. (sya/wdi)




  • Bagikan