Ada Pohon Tumbang, Jalan ke Sukadana Macet

  • Bagikan
Pohon Tumbang menyebabkan jalan ke Sukadana Lampung Timur macet, Selasa (29/10). Foto Dwi P/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Arus lalu lintas di Jalan Sukarno-Hata Kecamatan Sukadana mengalami kemacetan 2 jam, Selasa (29/10). Hal itu, akibat pohon tumbang yang melintang di tengah Sukarno-Hata, tepatnya di dekat Taman Makam Pahlawan Dharma Nusantara Desa Negara Nabung Kecamatan Sukadana pukul 14.45 WIB.

Ali salah seorang warga setempat menyebutkan, peristiwa itu berawal dari hujan deras disertai angin kencang pukul 14.30 WIB. Beberapa menit kemudian, warga mendengar suara gemuruh, dan ketika dicek ternyata ada pohon tumbang. Beruntung, saat pohon itu tumbang tidak pengendara yang melintas, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa atau kerugian harta benda.

Kendati demikain, kejadian itu mengakibatkan, para pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat dari arah Sukadana menuju Kota Metro dan sebaliknya tidak bisa melanjutkan perjalanan karena terhalang akibat pohon tumbang.

Guna memperlancar arus lalulintas, warga langsung berusaha melakukan pemangkasan pohon yang melintangi jalan raya dengan peralatan seadanya. Beberapa saat kemudian, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup Pertanahan dan Pemukiman serta petugas dari Polres Lamtim Lampung Timur tiba di lokasi kejadian dan membantu memangkas pohon tumbang dengan menggunakan 3 unit gergaji mesin.

Sekretaris BPBD Lamtim Sofyan Hafi menjelaskan, setelah pohon tumbang berhasil dipangkas dan dievakuasi dari dari jalan raya, arus lalulintas kembali normal.  “Kami berharap, masyarakat khususnya   kewaspadaan saat melintasi jalan ketika hujan deras. Kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan pemangkasan ranting pohon yang berada di tepi jalan raya,”jelas Sofyan Hafi mewakili Kepala BPBD Lamtim Mansyur Syah.(wid/wdi)




  • Bagikan