Ada Satu Soal USBN SMK yang Keliru

  • Bagikan
Soal nomor 2 Pendidikan Agama Islam yang diketahui ada kekeliruan. Foto Aprohan Saputra/Radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMK dilaksanakan serentak mulai hari ini, Senin (11/3). Namun pada pelaksanaannya, siswa mengeluhkan karena ditemukan satu soal pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengalami eror atau keliru.

“Ada yang error soal nomor dua, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Soal hukum tajwid namun dalam perintah tidak ada garis bawahnya. Akhirnya kami isi asal saja. Begitu perintah pengawas,” kata Rio, siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknis Sepeda Motor (TSM) SMKN 2 Bandarlampung usai ujian.


Menanggapi hal ini, Ketua Panitia USBN SMKN 2 Bandarlampung Susilo Cendrawanto mengatakan, untuk soal yang mengalami error, pengawas wajib mengisi catatan di berita acara. 

“Catatan inilah yang akan menjadi acuan korektor dalam menilai saat dilakukan penilaian dengan sistem silang. Jadi ketika ada soal yang error, soal itu dianggap sebagai bonus atau dianggap benar,” jelasnya kepada radarlampung.co.id.

Baca Juga:   Bupati Sujadi Ingatkan Prioritas Keselamatan Guru dan Siswa

Menurutnya, hal itu dilakukan agar pelaksanaan ujian berlangsung kondusif. Karena bila dilakukan pengkoreksian atau pembenaran pada saat berlangsungnya ujian, justru akan menjadi gaduh. 

Adapun hari pertama USBN ada dua mata pelajaran yang diujikan, yakni Pendidikan Agama Islam dan Seni Budaya. 

“Jumlah soalnya 45, 40 soal pilihan ganda dan 5 soal esay. Soal yang menangani MKKS didistribusikan ke sub rayon, dari sub rayon disampaikan ke sekolah-sekolah,” tandasnya. (apr/kyd)




  • Bagikan