Ada Tiga Daerah di Lampung Terdeteksi Titik Panas

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung menyebut, ada tiga daerah yang terdeteksi titik panas, selama memasuki musim hujan.

Ketiga daerah itu, yakni Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah dan Mesuji.


Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudy Haryanto mengatakan, berdasarkan pantauannya selama 10 hari terakhir, tiga titik panas itu masing-masing berada di Kabupaten Lampung Timur sebanyak satu titik, Lampung Tengah ada Satu titik, dan satu titik lagi ada di Kabupaten Mesuji.

“Titik panas atau titik api cuma ada di 3 daerah itu,” ungkap Rudy, Jumat (24/9).

Ia menjelaskan, hotspot terjadi apabila panas bumi mengalami peningkatan, ditambah cuaca terik berlangsung. Sehingga, selama musim kering, seringkali ditemukan hotspot pada sejumlah Kabupaten di Lampung.

“Biasanya daerah yang dilanda kebakaran. Karena kondisi tanah yang gambut sangat rentan mengalami kebakaran. Meskipun hanya percikan api kecil yang tidak disengaja ataupun kelalaian manusia,” katanya.

Baca Juga:   Gubernur Lampung Dijadwalkan Ground Breaking Harbour City

Menurut Rudi, saat ini faktor titik kecil hotspot (titik panas) karena curah hujan beberapa hari terakhir yang cukup tinggi. Meskipun secara umum puncak musim hujan Tinggi akan terjadi pada awal Oktober.

“Untuk prospek musim hujan pada tiga hari kedepan, masih akan terjadi pada malam hari di wilayah Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus dan Way Kanan,” bebernya.

Sedangkan untuk dinihari, sambung Rudi, hujan akan terjadi di Lamsel, Lamtim, Pesawaran, Tanggamus, Kota Metro dan Kota Bandarlampung. “Nah, untuk tiga hari kedepan, wilayah wilayah itu prospek untuk diterpa musim hujan, karena masih akan berpotensi,” ucapnya.

Terpisah, Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sedini mungkin, Pemkab Mesuji melalui Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) selalu bersiaga.

Baca Juga:   Viral Video ‘Dicegat Begal di Lampung’, Ustaz Nasihin Sebut Settingan untuk Edukasi

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji, Sunardi menjelaskan, saat ini, telah memasuki musim hujan. Namun, pihaknya selalu bersiaga. Baik musim hujan maupun panas.

“Mau musim apapun, baik panas ataupun hujan, kami selalu siaga. Kalau terjadinya musim hujan yang berpotensi banjir. Ataupun panas yang berpotensi kebakaran. Kami akan mengeluarkan edaran perihal antisipasi adanya Bencana di Kabupaten Mesuji,” ujarnya.

Selain itu, BPBD Mesuji akan rutin melaksanakan Patroli dengan melibatkan partisipasi masyarakat diwilayahnya masing-masing. Hal ini untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran. Serta menyiapkan Tim Reaksi cepat.

“Kalau terjadi kebakaran, segera hubungi kami. Kami dari BPBD Mesuji siap turun ke lapangan,” pungkasnya. (muk/yud)




  • Bagikan