Aduh, Kabut Asap Ganggu Wilayah Perkantoran Pemkab Mesuji

  • Bagikan
Tampak kabut asap diduga akibat karhutla menyelimuti udara di komplek Pemkab Mesuji. FOTO IST. WARGA FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Musim kemarau beperkepanjang kepulan asap masih terus meneror warga Mesuji. Ya, pantauan radarlampung.co.id, kabut asap masih kerap menyelimuti kabupaten berjuluk Bumi Ragab Begawe Caram tersebut.

Kabut asap yang diduga akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah kembali menyelimuti langit Mesuji setelah sebelumnya menyelimuti wilayah Kecamatan Mesuji Timur dan Simpangpematang. Kali ini asap bergerak menyelimuti wilayah Kecamatan Mesuji, tepatnya di komplek perkantoran Pemda Mesuji, Jum’at (25/10) pagi, dari pukul 07.30 – 10.00 WIB

Kondisi itu sempat membuat sejumlah masyarakat, khususnya yang ada di kompleks Pemda Mesuji resah. Warga khawatir, kabut asap akibat karhutla itu berdampak buruk bagi kesehatan.

“Takut terkena ISPA. Kualitas udara jadi tidak sehat karena adanya kabut asap ini,” tutur Saliha (41), warga Kecamatan Mesuji.

Dihubungi terpisah, Kepala BPBD Mesuji Sahril mengatakan berdasarkan pantauan pihaknya di tujuh kecamatan yang ada di Mesuji, hari ini tidak ditemukan titik-titik kebakaran.

Namun berdasarkan laporan Unit Reaksi Cepat BPBD Mesuji asap yang ada dan sempat menyelimuti sekitaran Pemda berasal dari wilayah OKI Sumsel. Sebab lokasi Kecamatan Mesuji ini berdekatan dengan Kabupaten OKI yang hanya dipisahkan oleh sungai Mesuji.

Dan, pihaknya mengaku terus melakukan patroli menyisir wilayah se Mesuji. Patroli yang hampir dilaksanakan setiap hari itu terus dilakukan untuk menekan titik api dan memantau titik api yang ada di Mesuji. (muk/sur)




  • Bagikan