Agar Bantuan Tepat Sasaran, Dissos Tubaba Perbaiki Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melakukan perbaikan terhadap Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pembaruan tersebut bertujuan agar penerima bantuan baik dari program pusat dan daerah dapat benar-benar tepat sasaran.

“Kita diinstruksikan dari Pemerintah Pusat, hingga akhir tahun 2021 ini sudah harus memperbaiki DTKS terhadap warga penerima bantuan, apalagi melihat dampak pandemi Covid-19 yang juga menjadi perhatian terhadap perkembangan ekonomi,” kata Kepala Dinas Sosial Tubaba, Somad, Bersama Kabid Linjamsos, Yusuf, Selasa (12/10).


Jika melihat DTKS yang ada sementara, setidaknya terdapat 30.000 warga Tubaba yang tergolong tidak mampu atau ekonomi rendah dan layak menerima bar yang mana dari jumlah DTKS tersebut telah kita berikan bantuan misalnya dari pusat berupa PKH, dan dari daerah program Mantra. “Ditargetkan pendataan oleh petugas DTKS kita dapat selesai pada tahun ini, meskipun tidak menutup kemungkinan masih perlu perbaikan lagi kedepannya melihat pula kebijakan dari Pusat,” jelasnya.

Baca Juga:   Sekdakab Tubaba Minta Sinkronisasi Data Vaksin

Lanjut dia, sementara dalam waktu dekat ini sebagai bentuk perhatian kita terhadap warga yang masuk DTKS, Pemkab akan mengalirkan program tahunan berupa bantuan Mantra, dengan memberikan uang tunai Rp500 ribu per penerima melalui tiga bank penyalur. “Untuk bantuan Mantra bulan Oktober ini akan segera disalurkan terhadap 17.000 penerima, dan untuk ke depannya apakah program bantuan ditambah atau dikurangi akan melihat hasil dari pendataan DTKS,” tutup Somad. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan