Agus Istiqlal-Zulqoini Menang Pilkada Pesbar

  • Bagikan
Calon incumbent Agus Istiqlal dan istri menyalurkan hak pilih di TPS 2, Pekon Gunungkemala Timur, Waykrui, Rabu (9/12). FOTO ISTIMEWA

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 03 Agus Istiqlal-Zulqoini Syarif meraih suara terbanyak dalam pilkada Pesisir Barat 2020. Mereka memperoleh 41.234 suara.

Sementara paslon nomor urut 01 Pieter-Fahrurrozi memperoleh 12.381 suara dan pasangan nomor 02 Arya Lukita Budiwan-Erlina 35.353 suara.


Perolehan suara ditetapkan dalam pleno penghitungan suara yang dilaksanakan KPU Pesisir Barat di GSG Selalaw, Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (15/12).

Ketua KPU Pesisir Barat Marlini mengatakan, rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pilkada tahun 2020 dilakukan secara berjenjang. Mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten.

“Pada pilkada Pesisir Barat 2020, jumlah suara sah 88.968 dan 1.129 suara tidak sah. Total ada 90.097 suara,” kata Marlini.

Baca Juga:   Berhembus Kabar Kepala Diskes Bandarlampung Dicopot

Diketahui, pleno rekapitulasi penghitungan suara (tungsura) pilkada yang digelar KPU Pesisir Barat diwarnai kerusuhan, Selasa (15/12). Lima orang yang diduga terlibat perusakan diamankan.

Satu orang diamankan langsung oleh Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Haryadi. Empat lainnya dibawa oleh polisi berpakaian preman.

Proses pleno rekapitulasi suara yang berlangsung di GSG Selalaw, Labuhan Jukung ini memang sudah diwarnai demo sejak pagi. (cyi/ais)




  • Bagikan